Thursday, May 28, 2020

Perbedaan Desain Komunikasi Visual dan Desain Grafis Tahun 2020

Ilustrasi Perbedaan Desain Komunikasi Visual dan Desain Grafis by Fade Design


Buat kamu yang sedang mempelajari desain komunikasi visual atau desain grafis, pasti pernah terfikirkan perbedaan antara dua hal tersebut. Walaupun perbedaan keduanya tidak terlalu signifikan, kamu lebih baik untuk mengetahui lebih jauh mengenai desain komunikasi visual (DKV) dan desain grafis.

Sebelum mulai untuk memilih diantara dua hal ini, alangkah lebih baik untuk mengetahui perbedaan utama dan apa saja tanggung jawabnya.

Jadi apa saja perbedaannya? Oke, langsung saja!

Perbedaan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Grafis

Desain Komunikasi Visual (DKV)


Dimulai dari namanya saja sudah terlihat kalau DKV ini merancang sebuah visual yang bertujuan untuk mengkomunikasikan sebuah pesan atau informasi di dalamnya. Desain komunikasi visual ini difokuskan pada komunikasi baik itu dengan klien atau target dengan semua sarana visual yang tersedia.

Berarti, kamu bisa belajar desain grafis, ilustrasi, fotografi, animasi atau user interface. Keterampilan ini dianggap luas dan komprehensif. Mereka juga mempersiapkan siswa untuk memasuki beberapa bidang yang menarik dalam industri visual maupun komunikasi. 

Beberapa jalur karir yang tersedia seperti desain grafis, fotografer profesional, illustratoranimator, desainer pemasaran, desainer user interface dan masih banyak lagi.

Biasanya siswa dalam jurusan DKV itu didorong atau diminta untuk memilih area konsentrasi, yang bisa membantu mereka mengembangkan skill mereka dengan lebih luas. Desain grafis merupakan salah satu konsentrasinya. 

Berikut ini pekerjaan di ranah DKV:

1. Viscom (Visual Communication)
2. Manager Periklanan
3. Manager Komunikasi
4. Art Director
5. Desainer atau ilustrator

Desain Grafis

Salah satu hal utama yang perlu diingat dari desain grafis, terutama kalau dibandingkan dengan DKV, adalah desain grafis itu bidang yang sempit dan lebih spesifik yang mempunyai fokus utama untuk membuat sebuah grafis seperti untuk keperluan kampanye sosial, promosi, web dll.

Baca juga: Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli

Desain grafis bukan bidang luas yang mencakup segalanya mulai dari animasi hingga fotografi, sebaliknya, mereka fokus pada pembuatan elemen grafis utama yang sesuai dengan proses komunikasi visual.

Seorang desainer grafis biasanya mempelajari atau mendalami lebih banyak software - software desain dan mempelajari secara teknis untuk menyesuaikan elemen grafis yang mereka buat terhadap sebuah media. 

Seperti memilih kombinasi warna yang sesuai, memperhatikan segala ukuran grafis untuk kebutuhan cetak maupun digital dll. Intinya lebih spesifik dan teknis.

Keahlian ini akan berkembang mengikuti standar desain grafis dari waktu ke waktu.

Berikut ini pekerjaan dalam ranah desain grafis:

1. Senior atau Junior Desainer Grafis 
2. Art Director
3. User Interface Desainer
4. Web Desainer
5. Desainer Pemasaran

Dua Bidang Desain dan Komunikasi yang Akan Terus Berkembang

Oke sekarang kita masuk ke kesimpulan.

Desain komunikasi visual atau biasa disingkat DKV akan terus berfokus terhadap banyak metode dalam menyampaikan sebuah pesan seperti pada fotografi, animasi, desain pemasaran, ilustrasi, presentasi dll, semuanya berada dibawah ruang lingkup DKV 

Sementara desain grafis lebih luas terhadap teknis. Fokus mereka terbatas pada desain dan pengembangan dari elemen grafis utama untuk dimasukkan atau dikomposisikan ke media digital atau cetak, situs, aplikasi dan banyak lagi.

Kedua bidang profesional ini bisa bersama-sama berusaha untuk memberikan atau menyampaikan sebuah pesan dengan cara yang unik, cerdas, jelas dan pastinya menarik secara visual, tidak peduli dengan media yang digunakan. 

Untuk jenjang pendidikan, DKV biasanya ada yang D3 dan S1, sementara untuk desain grafis tersedia jenjang D2 atau D3. 

Kalau kamu punya pendapat lain, silahkan ketik di kolom komentar ya! Jangan lupa juga untuk follow twitter dan facebook kita.

Terima kasih sudah membaca!

Pustaka:

2. lcca. How is Visual Communication Different from Graphic Design?
3. portaldekave. Inilah Perbedaan Jurusan DKV dan Desain Grafis yang Benar 

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

1 komentar:

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com