Friday, January 23, 2015

Sejarah, Pengertian, Fungsi dan Tutorial dari Kinetic Typography

Ilustrasi kinetic typography by Fade Design


Buat yang belum tahu apa sih kinetic typography itu, tenang aja di artikel kali ini kita akan membahas dengan jelas. 

Kinetic Typography atau dalam bahasa Indonesia berarti kinetik tipografi atau juga bisa huruf - huruf yang bergerak. Akhir - akhir ini kinetic typography semakin banyak terlihat, dari halaman situs atau iklan - iklan di televisi, teks yang bergerak menjadi populer dan semakin sering digunakan.

Popularitas dari teks yang bergerak sebenarnya mengandung banyak sebab dan alasan, tapi salah satu alasan yang paling kuat adalah untuk menarik perhatian. Seperti seolah - olah membuat kita ingin membaca teks tersebut.

Kinetic typography digabungkan dengan beberapa animasi yang simpel untuk membuat teks bergerak di layar dan menarik perhatian. 

Nah dibawah ini ada cuplikan video tentang kinetic typography (klik gambarnya)

Sejarah, Pengertian, Fungsi dan Tutorial dari Kinetic Typography

Pengertian Kinetic Typography  


http://vimeo.com/69375692


Ini adalah teknik animasi yang bisa digunakan untuk membuat teks menjadi melebar, menyusut, terbang, slow motion, meninggikan dan masih banyak yang lain. Efeknya bisa menjadi cukup simpel dan pendek. 

Kinetic typography menjadi populer karena banyak digunakan di desain sebuah website, video dan televisi. 

Teknik ini digunakan untuk beberapa alasan dan juga bisa menambah pusat perhatian untuk konten - konten tertentu. Bisa juga membantu menyampaikan emotion dan tone

Kinetic Typography pastinya juga bisa membantu untuk membuat visual yang sangat unik dan juga menjadi opsi yang sangat diperlukan bagi yang mempunyai budget terbatas.

Asal - Usul dari Kinetic Typography


https://www.youtube.com/watch?v=PdqMGnnTuoY


Saat Kinetic Typography disebut - sebut menjadi tren untuk web design pada hari ini, malah banyak yang mengatakan justru sebelumnya kinetic typography sudah cukup terkenal dan pertama kali ditampilkan di sebuah layar yang besar. 

Penelitian di Human Computer Interaction Institute and School of Design at Carnegie Mellon University mengusut tentang penggunaan kinetic typography untuk pertama kali pada tahun 1959 di film Alfred Hitchcock’s "North by Northwest".  Di opening credit hurufnya menggunakan movable format. Setahun kemudian, kembali digunakan di "Psycho" "Cara ini berfungsi untuk opening credit agar semakin menyatu dengan film, daripada hanya menggunakan penyampaian informasi kredit yang simpel" menurut penelitiannya. Nih ada file nya

Nah mulai saat itu, kinetic typography menjadi hal umum yang sering kita jumpai di film maupun di televisi. Biasanya digunakan untuk bagian kredit title, di dalam filmnya dan untuk periklanan. 

Penggunaan kinetic typography yang paling terkenal digunakan di bidang periklanan pada tahun 2009 saat Pepsi meluncurkan kampanye "Refresh Everything" (sekarang disebut "Pepsi Pulse") dengan logo baru.

Semakin kesini, teknik ini sudah menjadi sangat terkenal untuk bidang web design (dan untuk juga beberapa aplikasi mobile) dan juga di video online. Selalu digunakan dari periklanan dan promosi dari seni ke video musik untuk menjadi storytelling bagi para jurnalis.

Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Kinetic Typography


http://vimeo.com/38268056


Tapi harus diinget nih, menggunakan kinetic typography memang cara yang bagus, tapi bukan berarti solusi mudah ketika kamu tidak punya hal, bahan, karya seni atau yang lainnya untuk menggunakannya. Sama seperti cara - cara yang lain, harus ada maksud yang jelas dan tahu akhir hasilnya akan seperti apa.

Kinetic tipography paling cocok untuk:

1. Membuat Emotional Content 
2. Membuat pendalaman karakter
3. Menarik perhatian

Cara huruf - hurufnya bergerak pun mempunyai peranan penting, menurut penelitian. Contoh "Kerasnya suara bisa di ganti dengan merubah ukuran hurufnya, bisa juga dengan kontras atau warna. Untuk high volumes bisa menggunakan efek vibrasi." Untuk pembuatan karakter, huruf bisa kita set menirukan human motions.

Aplikasi Kinetic Typography


http://video.disney.com/shows/schoolhouse-rock-4ba34b314f06a59e961b9666


Gimana? Udah dapet ide belum? Nih caranya.

Pertama, movable type (Kinetic Typography) adalah video dan online format. Kecuali kalo kamu ingin buat flipbook, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk konsep tersebut (flipbook) di media print. 

Penting juga buat kamu untuk tahu dulu audience kamu itu siapa dan berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk melihat animasi. Membuat durasi pendek merupakan cara terbaik untuk sebuah situs dan aplikasi mobile, sedangkan untuk film atau periklanan kamu harus punya cukup banyak durasi.


Di sisi lain, penting membuat sebuah karya yang menarik, mudah untuk dibaca, mudah dimengerti dan menciptakan sebuah perasaan emosional. Penggunaan umum untuk kinetic typography dalam bidang pendidikan yaitu pada "Schoolhouse Rock" videos dan programming yang populer pada tahun 1973-2009, promosi atau periklanan dan video musik. 

Ini adalah pola - pola yang biasa digunakan untuk Kinetic typography:

1. Slow motion atau fast motion
2. Stretching atau shrinking (melebar atau menyusut)
3. Arcs atau waves (percikan atau ombak)
4. Anticipated action (dari samar menjadi tajam)
5. Mengikuti apa yang sudah terjadi sebelumnya.
6. Secondary action (saat teks bergerak karena sesuatu yang terjadi ke elemen yang lain di frame yang sama)

Resource dan Tutorial




Nah buat kamu yang ingin cepet - cepet belajar, nih ada beberapa situs yang harus kamu buka. Soalnya penting banget buat inspirasi maupun basic pembuatannya. 

Referensi:

Mudah - mudahan artikel ini bisa membuat kamu mengerti apa itu Kinetic Typography dan juga bisa menginspirasi kamu untuk membuatnya.

Kamu punya referensi yang lain? Atau informasi tentang kinetic typography? Yuk sharing di kolom komentar dan Jangan lupa share artikel ini sama follow twitter dan facebook kita ya!

S: designshack

Terima kasih sudah membaca!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com