Buat yang belum tahu apa sih kinetic typography itu, tenang aja di artikel kali ini kita akan membahas dengan jelas.
Kinetic Typography atau dalam bahasa
Indonesia berarti kinetik tipografi atau juga bisa huruf - huruf yang bergerak.
Akhir - akhir ini kinetic typography semakin banyak terlihat, dari halaman
situs atau iklan - iklan di televisi, teks yang bergerak menjadi populer dan semakin sering digunakan.
Popularitas dari teks yang bergerak sebenarnya mengandung banyak sebab dan alasan, tapi salah satu alasan yang paling kuat adalah untuk menarik perhatian. Seperti seolah - olah membuat kita ingin membaca teks tersebut.
Popularitas dari teks yang bergerak sebenarnya mengandung banyak sebab dan alasan, tapi salah satu alasan yang paling kuat adalah untuk menarik perhatian. Seperti seolah - olah membuat kita ingin membaca teks tersebut.
Kinetic typography digabungkan dengan beberapa animasi yang simpel untuk
membuat teks bergerak di layar dan menarik perhatian.
Nah dibawah ini ada
cuplikan video tentang kinetic typography (klik gambarnya)
Sejarah, Pengertian, Fungsi dan Tutorial dari Kinetic Typography
Pengertian Kinetic Typography
Ini adalah teknik animasi yang bisa digunakan untuk membuat teks menjadi
melebar, menyusut, terbang, slow motion, meninggikan dan masih banyak yang
lain. Efeknya bisa menjadi cukup simpel dan pendek.
Kinetic typography menjadi populer karena banyak digunakan di desain sebuah
website, video dan televisi.
Kinetic Typography pastinya juga bisa membantu untuk membuat visual yang sangat unik
dan juga menjadi opsi yang sangat diperlukan bagi yang mempunyai budget
terbatas.
Asal - Usul dari Kinetic
Typography
Asal - Usul dari Kinetic Typography
Saat Kinetic Typography disebut - sebut menjadi tren untuk web design pada
hari ini, malah banyak yang mengatakan justru sebelumnya kinetic typography sudah cukup terkenal dan pertama kali ditampilkan di sebuah layar yang besar.
Penelitian di Human Computer Interaction Institute and School of Design at
Carnegie Mellon University mengusut tentang penggunaan kinetic typography untuk
pertama kali pada tahun 1959 di film Alfred Hitchcock’s "North by
Northwest". Di opening credit hurufnya menggunakan movable
format. Setahun kemudian, kembali digunakan di "Psycho"
"Cara ini berfungsi untuk opening credit agar semakin menyatu dengan film,
daripada hanya menggunakan penyampaian informasi kredit yang simpel"
menurut penelitiannya. Nih ada file nya
Nah mulai saat itu, kinetic typography menjadi hal umum yang sering kita
jumpai di film maupun di televisi. Biasanya digunakan untuk bagian kredit title, di dalam
filmnya dan untuk periklanan.
Penggunaan kinetic typography yang paling
terkenal digunakan di bidang periklanan pada tahun 2009 saat Pepsi meluncurkan
kampanye "Refresh
Everything" (sekarang disebut "Pepsi Pulse") dengan
logo baru.
Semakin kesini, teknik ini sudah menjadi sangat terkenal untuk bidang web
design (dan untuk juga beberapa aplikasi mobile) dan juga di video
online. Selalu digunakan dari periklanan dan promosi dari seni ke video musik
untuk menjadi storytelling bagi para jurnalis.
Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Kinetic Typography
Tapi harus diinget nih, menggunakan kinetic typography memang cara yang bagus, tapi
bukan berarti solusi mudah ketika kamu tidak punya hal, bahan, karya seni atau
yang lainnya untuk menggunakannya. Sama seperti cara - cara yang lain, harus
ada maksud yang jelas dan tahu akhir hasilnya akan seperti apa.
Kinetic tipography paling cocok untuk:
1. Membuat Emotional Content
2. Membuat pendalaman karakter
3. Menarik perhatian
Cara huruf - hurufnya bergerak pun mempunyai peranan penting, menurut
penelitian. Contoh "Kerasnya suara bisa di ganti dengan merubah ukuran
hurufnya, bisa juga dengan kontras atau warna. Untuk high volumes bisa
menggunakan efek vibrasi." Untuk pembuatan karakter, huruf bisa kita set
menirukan human motions.
Aplikasi Kinetic
Typography
Aplikasi Kinetic Typography
Gimana? Udah dapet ide belum? Nih caranya.
Pertama, movable type (Kinetic Typography) adalah video
dan online format. Kecuali kalo kamu ingin buat flipbook, ada beberapa cara
yang bisa digunakan untuk konsep tersebut (flipbook) di media print.
Penting
juga buat kamu untuk tahu dulu audience kamu itu siapa dan berapa lama mereka
menghabiskan waktu untuk melihat animasi. Membuat durasi pendek merupakan cara terbaik
untuk sebuah situs dan aplikasi mobile, sedangkan untuk film atau periklanan kamu harus
punya cukup banyak durasi.
Di sisi lain, penting membuat sebuah karya yang menarik, mudah untuk
dibaca, mudah dimengerti dan menciptakan sebuah perasaan emosional. Penggunaan
umum untuk kinetic typography dalam bidang pendidikan yaitu pada
"Schoolhouse Rock" videos dan programming yang populer pada tahun
1973-2009, promosi atau periklanan dan video musik.
Ini adalah pola - pola yang biasa digunakan untuk Kinetic
typography:
1. Slow motion atau fast motion
2. Stretching atau shrinking (melebar atau menyusut)
3. Arcs atau waves (percikan atau ombak)
4. Anticipated action (dari samar menjadi tajam)
5. Mengikuti apa yang sudah terjadi sebelumnya.
6. Secondary action (saat teks bergerak karena sesuatu yang terjadi ke elemen
yang lain di frame yang sama)
Resource dan Tutorial
Resource dan Tutorial

Nah buat kamu yang ingin cepet - cepet belajar, nih ada beberapa
situs yang harus kamu buka. Soalnya penting banget buat inspirasi maupun basic
pembuatannya.
Referensi:
Mudah - mudahan artikel ini bisa membuat kamu mengerti apa itu Kinetic
Typography dan juga bisa menginspirasi kamu untuk membuatnya.
Kamu punya referensi yang lain? Atau informasi tentang kinetic typography?
Yuk sharing di kolom komentar dan Jangan lupa share artikel ini
sama follow twitter dan facebook kita ya!
S: designshack
Terima kasih sudah membaca!
Post a Comment