Thursday, September 11, 2014

Sebenarnya Apa Pengertian Desain Grafis? Begini Menurut Para Ahli

Ilustrasi Pengertian Desain Grafis by Fade Design

Rangkuman Arti Desain Grafis dari berbagai Sumber dan Ahli.

Saat kamu berpikir tentang apa itu desain grafis, apa yang pertama kali muncul dalam otak kamu? Apakah hanya tentang menggambar? Atau hanya bermain warna? Atau justru yang terpikirkan adalah seni? Ya, semuanya bisa termasuk kecuali seni itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya apa sih sebenarnya arti dari desain grafis itu sendiri? Pastinya ada cukup banyak sudut pandang tentang desain itu sendiri. Disini kita coba membantu merangkum pengertian desain grafis dari berbagai sumber dan ahli yang pastinya terpercaya.

So, let’s start!


Desain Grafis menurut AGDA.com adalah cabang ilmu pengetahuan, pemecahan masalah yang mengkombinasikan antara visual sensitivity dengan kemampuan dan pengetahuan di bidang komunikasi, bisnis dan teknologi. Proses dalam bidang grafik desain ini yaitu memecahkan masalah, membutuhkan kreativitas yang terus-menerus di latih, inovasi dan keahlian. Pengetahuan tentang produk atau servis dari klien dan tujuan, para kompetitor dan target audience yang kita visualisasikan dari manipulasi, kombinasi dan bentuk, warna, gambar, tipografi dan ruang.

Sementara menurut Interaction Design, desain grafis adalah keahlian dalam membuat konten visual untuk mengkomunikasikan pesan. Menerapkan hierarki visual dan teknik layout, desainer grafis juga menggunakan tipografi dan gambar untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari pengguna dan fokus pada logika menampilkan elemen dalam desain interaktif untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna. 
“Design is a solution to a problem. Art is a question to a problem.” – John Maeda, President of Rhode Island School of Design

Menurut 99design, Desain grafis menggunakan komposisi visual untuk memecahkan masalah dan mengkomunikasikan beragam ide melalui tipografi, gambar, warna dan bentuk.

Menurut seorang creative designer di Vertex Innovation, Alexandros Clufetos, “Desain grafis memerlukan elemen grafis dan tekstual juga mengimplementasikannya ke dalam berbagai jenis media. Ini membantu producer untuk terhubung dengan konsumen dalam menyampaikan pesan, promosi sebuah acara, kampanye sosial atau sebuah produk.”

American Institute of Graphic Arts (AIGA), mendefinisikan desain grafis sebagai seni dan perancangan dan penyaluran ide dan pengalaman dengan konten visual dan tekstual. Dalam istilah lain, desain grafis mengkomunikasikan ide atau pesan tertentu melalui visual.


By Lynda.com

“Setiap hari, kita menerima begitu banyak hal artistik secara halus di sekitar kita. Tapi tersembunyi di setiap sudut majalah, sign system, atau buku dengan serangkaian ide desain yang mempengaruhi persepsi kita” - Jacob Smith, founder dari ProductViz.

Menurut collegegrad, Desainer grafis membuat konsep visual, menggunakan perangkat lunak komputer atau dengan tangan, untuk mengkomunikasikan ide-ide yang menginspirasi, menginformasikan dan memikat konsumen. Mereka mengembangkan tata letak dan desain produksi keseluruhan untuk berbagai kebutuhan seperti iklan, brosus, majalah dan laporan perusahaan.

Menurut Danton Sihombing, founder dan CEO dari INKARA BRAND CONSULTING, desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.

Definisi dari desain grafis menurut kamus Merriam-Webster adalah seni atau profesi menggunakan elemen desain (seperti tipografi dan gambar) untuk menyampaikan informasi atau menciptakan efek. Sementara dari Cambridge Dictionary, desain grafis adalah seni merancang gambar dan teks untuk buku, majalah, iklan, dll.

Aktivitas Seorang Desainer Grafis


Nah setelah kita sudah tahu beragam pengertian tentang desain grafis dari berbagai sumber dan ahli diatas, pasti timbul pertanyaan “jadi ngapain aja kerjanya?” “Buat apa aja?” Oke langsung saja nih!

Menurut U.S Bureau of Labor Statistics tugas seorang desainer grafis itu adalah menciptakan konsep visual menggunakan software atau tangan untuk mengkomunikasikan sebuah ide yang menginspirasi, memberi informasi dan menarik konsumen.

Sementara menurut collegegrad, selain menciptakan konsep visual, desainer grafis juga mempunyai tugas seperti,

  • Bertemu dengan klien atau art director untuk menentukan ruang lingkup sebuah projek
  • Menggunakan ilustrasi digital, software edit foto dan software layout untuk membuat sebuah desain
  • Membuat sebuah elemen visual seperti logo, gambar dan ilustrasi untuk membantu menyampaikan pesan
  • Merancang atau mendesain layout dan memilih warna, gambar dan typefaces yang akan digunakan
  • Memberikan konsep desain kepada klien atau art director. 
  • Memasukkan perubahan pada sebuah desain yang direkomendasikan oleh klien atau art director. 
  • Me-review desain sebelum proses cetak atau publish

Desainer grafis menyatukan seni dan teknologi untuk komunikasikan ide-ide melalui gambar dan tata letak websites dan juga percetakan. Mereka menggunakan berbagai elemen desain untuk mencapai efek artistik atau dekoratif.

Sedangkan menurut kita, seorang desainer Grafis adalah orang yang berkecimpung di dalam dunia desain. Tentunya harus punya artistic sensibility, skill dan bisa juga berpengalaman untuk membuat desain atau menggunakan gambar sebagai media pengartian dari visual communication yang berkaitan dengan ilustrasi, tipografi, kaligrafi, desain kemasan, pola, buku, iklan dll.

Bagaimana? Sudah semakin mengerti kan sekarang? Setidaknya pengertian desain grafis diatas sudah membuka pemikiran kamu tentang apa itu sebenarnya tentang desain grafis.

Kamu punya definisi yang lain? Silahkan share di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk follow Fade Design di Twitterdan Facebook.  

S: AGDA, Interaction Design, 99design, rasmussen.edu, AIGA, Collegegrad, U.S Bureau of Labor Statistics

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com