Thursday, February 26, 2015

Tips Desain Kepribadian Karakter Menurut Nick Harris


Banyak teori yang mengatakan bahwa ada 3 dasar tipe tubuh yaitu ectomorph, mesomorph dan endomorph. Kemungkinan sifat karakter juga tergantung dari tipe tubuh diatas. Tapi untuk kepribadian sangatlah berbeda.

Citing Darwin, salah satu ahli pengetahuan alam di era victorian, berpendapat bahwa kriminalitas bisa diidentifikasi dari wajah manusia (khususnya Cesare Lombroso, dengan the theory of anthropological criminology). Setelah penelitian yang tidak mempedulikan ide tersebut, akhirnya banyak yang setuju bahwa terdapat pengaruh dari penampilan dalam memperkenalkan diri kamu.

Menurut buku dari seorang animator bernama Preston Blair, yang mana dia menampilkan beberapa sifat karakter kartun klasik. Kartun dan karikatur akan terlihat menarik dengan karakter yang sama dengan kepribadian menurut sejarah atau tradisinya. Jika tidak, maka kemungkinan itu untuk genre komedi atau drama.

Contoh "khas" seperti berikut: 

1. Dagu yang lemah mengindikasikan sebagai karakter yang pemalu atau penakut

2. Dagu yang kuat mengindikasikan sebagai heroik karakter seperti super hero atau kuat 

3. Mata dan mulut yang kecil mengindikasikan karakter jahat, picik dan buruk.

Diatas ini adalah beberapa kombinasi yang umum yang bisa menyampaikan kesan dari kepribadian seseorang

1. Cepat mendefinisikan kepribadian karakter kamu.



Kedua wajah diatas ini mempunyai dagu yang kecil dan overbite, tapi sedangkan yang sebelah kiri bisa mempunyai pemikiran yang lemah, yang kanan lebih terlihat seperti "mudah di serang" atau " mudah di ejek". Itu semua adalah kombinasi dari semua elemen yang menyampaikan kepribadiannya. 

Sebagai tambahan, kamu juga harus mempertimbangkan atribut tentang postur, pakaian, setting dan barang barang yang akan dipakai karakter tersebut.

2. Fokus dengan yang paling utama



Contoh diatas ini mempunyai dagu yang kuat, tapi yang sebelah kanan terlalu di lebih lebihkan. Ini juga dikombinasikan dengan alis yang sangat rendah, dengan sedikit tumpul atau kasar sangat menonjolkan kecerdasan yang sedikit dan kemungkinan agresif atau kasar juga. Semakin seimbang fitur utama dari wajah yang tidak berlemak maka akan lebih terlihat kekuatannya dan determinasinya.

3. Bereksperimen dengan sudut penglihatan




Kamu harus sering menggunakan angle dalam membuat wajah karakter agar bisa membantu kamu dalam mendeskripsikan karakter kamu. Nah yang diatas ini sama - sama memiliki wajah yang kurus, tapi lihat juga bibirnya yang ketat, karakter kedipan matanya yang sebelah kiri membuat lebih terlihat "mengancam" dari pada mata yang sebelahnya, yang sedang mengarah kebawah.

Jadi intinya, penampilan atau raut atau bentuk muka sangatlah berpengaruh terhadap penilaian orang kepada karakter kepribadian kita. Belum lagi jika ditambah atribut yang lain seperti postur, pakaian dan barang - barang yang sedang kita gunakan. 

R: Creativebloq.com

Jangan lupa follow Fade Design di Twitter dan Facebook.

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com