Friday, March 27, 2020

Aplikasi Ini Bisa Membantu Kamu Membuat Desain Grafis Dengan Cepat

Ilustrasi Bikin Desain Dengan Cepat by Fade Design

Saat ini di era dimana teknologi semakin berkembang dan ditambah dengan beragam konten visual yang semakin menjadi rajanya konten, aplikasi pembuat visual pun semakin banyak dan menawarkan beragam fasilitas untuk membuat visual secara cepat dan pastinya menarik.
Membuat sebuah desain bukan merupakan hal yang mudah. Membutuhkan waktu dan fikiran, terutama ketika kamu tidak memiliki keahlian di dalam bidang desain grafis. 

Kali ini kita akan membagikan 9 aplikasi desain grafis yang bisa membantu kamu untuk membuat sebuah karya desain dengan cepat.

9 Aplikasi Membuat Desain Grafis Dengan Cepat Tahun 2020

1. Klex IO 


Membuat desain grafis yang indah dan cepat menjadi lebih mudah dengan adanya Klex ini. 

Aplikasi ini membantu kamu dalam membuat aset-aset visual dengan beragam stok foto, vector dan ilustrasi, selain itu juga kamu bisa menambahkan teks, font dan background sesuai keinginan.

Kalau tidak mau menggunakan stok foto dari Klex, kamu tinggal menambahkan foto hasil jepretan kamu sendiri. Salah satu yang menarik dari aplikasi ini adalah memberikan kamu kesempatan untuk bermain-main dengan stok aset yang mereka punya, dan juga mudah digunakan.

Klex menggunakan teknologi yang sama dengan Gravit Designer, tapi tujuannya untuk memberikan audiens sesuatu yang lebih mudah. Aplikasi ini juga terdapat banyak template ukuran dari sosial media, poster atau bahkan untuk presentasi.

2. Pixlr


Kalau kamu membutuhkan foto untuk sosial media, situs, artikel, Pixlr membantu kamu untuk membuat efek-efek, overlays dan borders secara gratis.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi Pixlr ini tidaklah rumit. Malah membantu kamu dalam hal mengedit foto seperti resize foto, cropping foto dll dengan lebih mudah

Pixlr bukan alat atau aplikasi untuk bereksperimen dengan berbagai macam efek yang berbeda atau menciptakan sesuatu yang sangat berbeda. Gunakan untuk mengubah ukuran sebuah foto tanpa mengacaukan aspect ratio atau menambah sedikit saturasi pada foto. 

3. Canva


Canva merupakan situs dan aplikasi serba guna untuk desainer pemula. Salah satu aplikasi terbaik buat kamu yang belum memiliki budget yang cukup. Aplikasi berbasis web ini dilengkapi dengan banyak template seperti post facebook sampai undangan, resume dan logo.

Salah satu kelebihan dari Canva terletak di bagian desain untuk sosial media. Mereka memiliki banyak template gratis yang bisa kamu gunakan untuk karya desain kamu.

Meskipun Canva ini bebas digunakan, untuk beberapa template, elemen dan juga stok foto ada berharga sekitar satu ada dua dolar. Bisa dibilang kamu bayar desain yang premium daripada bayar secara bulanan.


4. Adobe Spark


Adobe Spark merupakan aplikasi yang simpel dan sangat berguna. Aplikasi ini jelas berbeda dengan aplikasi adobe lainnya seperti Photoshop ataupun Illustrator.

Yang kamu lakukan hanya tinggal masuk dan pilih dari sekian pilihan template profesional dari Spark. Mereka punya template untuk media sosial, poster dan opsi untuk ukuran web dll. Setelah kamu memilih salah satu opsi tersebut, kamu bisa menyesuaikan dengan menambahkan foto hasil kamu sendiri atau dari stok foto dari Spark yang pastinya gratis.

Fitur dasar dari Adobe Spark ini gratis, sedangkan untuk paket yang full tersedia sekita 10 dolar per bulan atau dari Creative Cloud sekitar 20 dolar per bulan.

Adobe Spark memberikan banyak keuntungan daripada aplikasi yang lain. Dengan video dan desain web, ditambah kolase foto atau template sosial media, buat kamu yang baru mulai belajar desain grafis atau yang bukan dari bidang desain bisa memiliki akses yang lengkap dan tidak hanya sekedar menambahkan teks pada sebuah gambar.

5. Desygner


Desygner merupakan salah satu aplikasi terbaik desain grafis berbasis web. Aplikasi ini lebih mudah dan lancar daripada aplikasi yang lain.


Desygner ini bagus dalam fungsi untuk mobile nya. Cukup sempurna untuk pengguna media sosial yang mungkin lagi mendesain saat sedang bepergian, karena fitur Desygner ini yang tidak akan membuat kamu frustrasi.

Pastinya kamu tertarik kan kalau ada aplikasi yang berbasis web dan versi mobile, ya karena bisa menghemat banyak waktu, yang mungkin biasanya kamu justru menghabiskan banyak waktu dalam membuat sebuah karya desain.

Secara tidak langsung, aplikasi ini mempunyai banyak kemiripan dengan Canva, hanya saja tidak sekuat Canva. Ada beberapa fitur yang tidak ada seperti di Canva, hanya saja aplikasi ini membuat kamu merasakan pengalaman kemudahan dimana saat menambahkan layer, teks dan dapat menyesuaikan foto dengan mudah.

Desygner ini aplikasi gratis, tapi menawarkan paket bulanan sekitar 7 dolar untuk akses lebih banyak template dan fitur yang lain.

6. Google Drawings


Kamu bisa membuat custom PNG dengan background yang transparan hanya dengan menggunakan akun Google! Saat ini siapa yang tidak punya akun Google?!

Sekarang, Google Drawing bukan alat yang sangat mewah, pada dasarnya kamu menggunakannya di Google Doc. Tapi, aplikasi ini cukup nyaman. Kamu hanya membutuhkan ekstensi nya saja. Dari ekstensi yang sudah kamu instal, kamu dapat memulai edit foto dan membuat desain semua Google Doc.

Kalau kamu sudah terbiasa dalam Google Drawing ini, kamu pasti mulai menyadari seberapa intuitif nya aplikasi ini.

7. Snappa


Aplikasi Snappa adalah solusi dari "membuat desain dengan sederhana" untuk desainer pemula atau seorang non-desainer sekalipun.

Paket gratis yang ditawarkan Snappa cukup terbatas.Kamu akan mendapatkan lima file gratis per bulannya, dan kamu juga bisa membayar sekitar 10 dolar untuk file yang tidak terbatas selama sebulan.

Seperti Canva dan Desygner, Snappa juga terdapat stok foto yang gratis, desain yang profesional dan editor yang tinggal drag and drop. Tampilan antarmuka yang cukup sederhana dan kesan intuitif. 

8. Visme


Visme merupakan aplikasi pembuat infografis yang pada dasarnya mirip dengan canva tapi untuk bagian infografis. 

Sementara untuk proses nya juga mirip seperti Canva, kamu tinggal menambahkan kustomisasi sesuka kamu dan tinggal mengubah font

Kalau tujuan kamu membuat sebuah resume yang menarik atau membuat sebuah teks untuk artikel terbaru, Visme adalah cara yang bagus untuk mengambil kata-kata yang sudah kamu tulis dan membuat sesuatu yang bagus untuk dilihat.


9. Enlight


Enlight bisa dikatakan aplikasi desain yang lebih baik karena mempunyai beberapa fitur yang unik didalamnya. Aplikasi ini tersedia untuk versi mobile dan juga web. Salah satu fitur dari Enlight ini jauh lebih mudah dibanding layer yang ada pada Photoshop.

Kamu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat sebuah desain yang keren, sebaliknya kamu akan merasa kemudahan ketika menggunakan aplikasi ini. Kombinasikan beberapa foto sekaligus, merubah-rubah elemen, menambah gradient atau background. Intinya, aplikasi ini harus kamu coba.

Nah sekarang kamu udah mendapatkan list aplikasi yang bisa membantu dalam mendesain sesuatu lebih cepat. Sekarang giliran kamu mencoba dan mulai membangun portfolio kamu.

Kamu punya list aplikasi yang lainnya? Silahkan share di kolom komentar ya. Jangan lupa untuk follow twitter dan facebook kita.

Sumber: https://www.makeuseof.com/tag/apps-create-fast-graphic-designs/

Terima kasih sudah membaca!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com