Friday, March 20, 2020

Prospek Kerja Desain Grafis di Tahun 2020



Ilustrasi prospek kerja desain grafis 2020 by fade design


Percaya atau tidak, saat ini desain grafis merupakan salah satu bidang yang semakin banyak diminati. Sebenarnya bukan tanpa sebab desain grafis menjadi banyak yang tertarik, Saat ini di tahun 2020 dan merupakan era teknologi yang semakin berkembang, kita hampir selalu berkaitan dengan yang namanya visual. 

Buat desainer sendiri atau bahkan bidang yang lain hampir pasti membutuhkan visual dari semua yang dilakukannya. Visual memegang peranan penting di era digital ini.

Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana prospek kerja dari bidang desain grafis di era digital ini? Langsung saja yuk disimak!

Prospek kerja desain grafis di tahun 2020

1. Bekerja di: Advertising Agency

Photo by Deon Fosu on Unsplash
Advertising agency atau agensi periklanan bisa menjadi pilihan kamu untuk memulai karir sebagai seorang desainer. Seorang desainer grafis biasanya di tempatkan di bagian dvisi kreatif untuk mengurus bagian konten visual atau konten kreatif lainnya.

Pekerjaan yang dilakukan desainer grafis di advertising agency biasanya membuat visual untuk pemasaran sebuah produk atau jasa, konten visual tentang sebuah iklan, membuat desain untuk kebutuhan publikasi seperti brosur dll.

Prospek kerja disini sangat luas. Di indonesia sendiri banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang advertising agency. Belum lagi perusahaan dari luar negeri dan yang pasti mereka akan membutuhkan seorang desainer grafis dibidangnya.

2. Bekerja di: Perusahaan Media Massa

Photo by Charisse Kenion on Unsplash
Salah satu lapangan pekerjaan untuk desain grafis adalah bekerja di perusahaan media cetak ataupun online. Seorang desainer grafis dibutuhkan dalam pembuatan seperti cover majalah (bisa cetak atau online), surat kabar dan media publikasi lainnya.

Prospek kerja di media massa juga cukup luas. Kamu bisa memilih bidang media massa yang sesuai dengan ketertarikan kamu, baik itu media cetak, elektronik ataupun media online.

Selain mengurus pembuatan cover majalah, buku atau yang lain, kamu juga bisa ditempatkan dibagian tata letak atau layout, ilustrasi atau bahkan membuat sebuah karikatur.

Prospek kerja di bidang ini juga luas karena memang mereka para perusahaan yang bergerak dibidang media massa sangat membutuhkan seorang desainer grafis. Apalagi sekarang media online semakin berkembang dan membutuhkan konten visual kreatif didalamnya.

3. Bekerja di: Branding Agency

Photo by Fernanda Rodríguez on Unsplash
Perusahaan yang bergerak di bidang Branding, sudah pasti membutuhkan orang-orang yang kreatif secara visual. Oleh karena itu, branding agency pasti membutuhkan seorang desainer grafis. 

Sebagai desainer grafis di perusahaan branding, maka kamu akan ditugaskan untuk membuat seperti logo, brand identity, visual identity dan elemen-elemen visual yang akan menunjang brand perusahaan klien kamu.

Nah selain itu, kamu juga harus paham sedikitnya pengetahuan tentang branding. Jadi kalau kamu ingin bekerja di branding agency, coba mulai belajar lagi apapun yang menyangkut tentang branding.

Prospek kerja di bidang ini juga cukup luas, karena di Indonesia juga banyak perusahaan yang bergerak di bidang Branding. Selain itu, brandiing merupakan hal sangat penting untuk membuat sebuah perusahaan, secara tidak langsung akan semakin banyak permintaan dalam profesi desain grafis.

4. Bekerja sebagai: Freelance Graphic Designer

Photo by Andrew Neel on Unsplash
Kamu juga bisa bekerja sendiri tanpa harus berada di perusahaan. Kamu bisa menjadi desainer grafis lepas yang artinya bekerja dimanapun dan tidak harus dikantor.

Seorang freelance graphic designer ada yang mempunyai kontrak dengan sebuah perusahaan atau bekerja sesuai dengan projek. 

Tidak ada salahnya kamu memilih bekerja sebagai freelance, mungkin saja dari penghasilan yang sudah kamu dapat bisa kamu tabung dan membuat sebuah perusahaan sendiri yang nantinya merekrut para calon desainer yang lain.

Prospek kerja freelance desain? Sangat luas. Dari membangun relasi dengan sesama desainer, dengan klien yang pernah bekerja sama, dengan para founder perusahaan atau dengan teman-teman kamu akan sangat membantu dalam karir kamu sebagai freelance graphic designer.

5. Bekerja sebagai: Art/Creative Director


Ini merupakan pekerjaan yang cukup banyak peminatnya. Art/Creative Director banyak ditemui di industri pertelevisian, periklanan dan industri kreatif lainnya.

Untuk mencapai profesi sebagai art atau creative director biasanya tergantung skill yang dimiliki dan ada juga dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan. Misalnya awalnya kamu jadi seorang desainer grafis, kamu punya kemungkinan untuk menjadi seorang art atau creative director kedepannya.

Hampir banyak industri membutuhkan yang namanya art/creative director. Selebihnya tinggal kamu yang memilih yang mana sesuai dengan minat kamu. Prospek yang cukup luas untuk profesi ini.

Itulah 5 prospek pekerjaan desain grafis. Sebenarnya masih banyak juga yang lain dan dari yang sudah disebutkan diatas pun masih bisa muncul pekerjaan baru lagi. Artinya prospek kerja dari desain grafis untuk tahun 2020 dan kedepannya sudah pasti akan berkembang.

Kamu punya list yang lain? Silahkan tulis dikolom komentar ya. Jangan lupa untuk share dan follow twitter dan facebook kita ya!

S: idntimes, glints, quipper

Terima kasih sudah membaca!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com