Tuesday, November 4, 2014

5+ Tips Meningkatkan Kreativitas Secara Psikologi


10 Tips membuat kreatif dan disiplin


Menurut teori seorang Psikolog yang bernama Robert J. Sternberg, kreativitas dapat diartikan “Proses dalam menciptakan sesuatu yang original dan bermanfaat”. Kreatifitas juga bisa diartikan tentang menemukan cara baru dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Patut di inget ya, ini bukan skill yang membatasi kamu untuk menjadi penulis, musisi atau seniman, melainkan terus mengasah kreativitas, karena hal seperti membutuhkan sebuah proses.

Semoga dengan 10 tips ini bisa membantu kamu agar bisa meningkatkan kreativitas sekaligus melatih kedisiplinan. 

     1. Pastikan diri kamu ingin meningkatkan kreativitas.


Ya, ini syarat pertama jika ingin meningkatkan sisi kreatif kamu. Perlu yang namanya komitmen dan usaha terus menerus. Salah satu caranya bisa dengan menulis goals atau tujuan-tujuan kamu, beri waktu untuk meningkatkan sisi kreativitas.

Misalnya buat 5 tujuan untuk hari ini, apa saja bebas yang penting tidak mengganggu orang lain dan membuat kamu senang. Tulis di note smartphone kamu atau tulis di binder bisa juga di pocket book, bebas. Selalu cek atau ingat dengan goals harian kamu.

Terus lakukan hal tersebut sekaligus belajar disiplin. Selain itu, goals atau tujuan tidak harus aktivitas harian, bisa juga tujuan seperti “pergi ke museum” atau “pergi ke toko buku”, “nonton film A” “belajar tentang tema tertentu” dll. 

      2. Jadi seorang ahli


Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas adalah dengan menjadi ahli dalam satu bidang. Dengan keahlian kamu dan pengetahuan yang banyak dalam bidang tersebut, bisa dipastikan daya berfikir kreativitas kamu akan semakin meningkat.

Misalnya kamu mahir dalam software Adobe Photoshop, entah mahir dalam editing foto atau digital painting. Kamu harus tekuni dibidang tersebut, sampai kamu merasa jauh lebih mudah dalam prosesnya. Pada prosesnya nanti kamu akan merasa ada banyak kreativitas yang tiba-tiba muncul karena terus berlatih di bidang tersebut.

      3. Hargai rasa penasaran kamu


www.budayamukti.com
Jadikan rasa penasaran menjadi kegemaran kamu. Tentunya dalam rasa penasaran yang positif. Dengan menjadi sebuah kebiasaan, kamu akan selalu meng-explore hal-hal baru yang dapat menciptakan sebuah kreativitas baru.


Penasaran dalam software tertentu, penasaran dengan teknik menggambar, penasaran dengan sebuah permasalahan akan membuat otak kamu secara tidak langsung terangsang untuk “menemukan” sebuah hal yang kreatif.

      4. Ingat, kreativitas juga bisa menjadi hadiah


Penting juga buat kamu untuk meningkatkan motivasi. Terkadang, reward yang sesungguhnya dari kreativitas itu adalah pada sebuah prosesnya bukan pada hasil akhir. Lagi ngerjain sesuatu tiba-tiba muncul ide-ide baru yang sayang buat dilewatkan.

      5. Ambil resiko


batamdaily.co.id
Tingkatkan kreativitas kamu dengan berani untuk mengambil resiko. Ketika usaha dan upaya tidak selalu menunjukan kesuksesan, kamu masih bisa meningkatkan kreativitas kamu dan membangun skill agar bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.


Ketika kamu mengambil sebuah resiko, secara tidak langsung kamu mempertaruhkan banyak hal. Terlepas dari berhasil atau tidaknya, otak kamu akan melakukan proses untuk berfikir keras, mempertimbangkan banyak hal dan bisa juga proses critical thinking. Biasanya disaat tersebut banyak kreativitas atau ide-ide yang bermunculan.

   6. Bangun kenyamanan


woodymarx.hubpages.com

Dengan kenyamanan kita bisa meningkatkan kreativitas. Tulis progres, hargai jerih upaya kamu dan jangan lupa untuk selalu cari cara untuk meningkatkan kreativitas. Maksudnya disini bukan zona nyaman ya. Kenyamanan dalam proses bersyukur dan tetap percaya selalu ada ruang untuk berkembang dan meningkatkan kreativitas.

      7. Beri waktu untuk kreativitas


Kamu tidak akan bisa mengembangkan sisi kreatif kamu kalau kamu tidak menyediakan waktu untuk itu. Susun jadwal setiap hari dan fokus sama beberapa hal yang kreatif.


Meningkatkan kreativitas itu bukan sebuah hal yang bisa dipercepat, intinya butuh waktu, kesabaran, ketenangan, kepekaan dan masih banyak lagi. Tetap percaya dan fokus sama hal-hal yang membuat mood menjadi baik dan goals yang sudah di rancang.

      8. Lawan kebiasaan negatif 


Menurut pembelajaran pada tahun 2006 di Proceedings of the National Academy of Sciences, perasaan yang positif dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan juga menurut Dr. Adam Anderson,  penulis di buku tersebut, mengatakan “ Kalau kamu melakukan sesuatu yang membutuhkan kreativitas dan berfikir keras, kamu harus berada dalam mood yang bagus”. Fokus dalam menghindari perilaku negatif supaya bisa membuat kamu mengembangkan skill kreatif kamu.

      9. Jangan takut salah


Berfikir takut untuk membuat kesalahan bisa merusak progres kamu. Tapi berhati-hati menghindari kesalahan adalah bagian dari sebuah progres. Berhati-hati boleh saja, asalkan jangan sampai takut untuk membuat kesalahan.

     10. Brainstorming


www.leanprocess.net
   Brainstorming merupakan sebuah teknik yang umum dilakukan banyak orang dan bisa menjadi senjata kita untuk menghasilkan sebuah kreativitas. Dimulai dengan jangan mudah mengeluh, lanjut ke tulis ide-ide dan solusinya. Tujuannya adalah mengumpulkan banyak ide yang berhubungan dan fokus dalam menjelaskan ide tersebut dengan berbagai kemungkinan.


   Gimana dengan tips-tips ini? Kalau kamu punya tips tambahan, silahkan share di kolom komentar ya! Jangan lupa follow Fade Design di Twitter dan Facebook

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com