Thursday, November 6, 2014

Tips Membuat Desain Kartu Nama yang Efektif dan Menarik

inspirationfeed.com

4 Tips Kartu Nama yang Efektif dan Menarik


Ada pepatah pernah mengatakan “Kesan pertama jangan sampai gagal”. 

Dalam hal apapun, terkadang kesan pertama pada saat kita melihat sesuatu memang bisa membuat kita merasa “tahu” tanpa harus mengenal lebih dalam. Di dalam dunia bisnis, kartu nama tidak hanya berfungsi sebagai informasi kontak, tapi juga bisa untuk mempromosikan bisnis kamu.


Bagi kamu yang punya bisnis, kartu nama itu memegang peranan penting. So, ini dia 4 tips yang mudah-mudahan bisa membantu kamu dalam membuat kartu nama yang efektif dan menarik

     1. Perhatikan nama kamu dan nama bisnis kamu.


Macrochromatic.deviantart.com
Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan ketika membuat kartu nama adalah nama kamu dan nama perusahaan kamu. Kamu harus tau dalam menempatkan nama kamu dan juga perusahaan kamu. Biasanya, font nama perusahaan lebih besar ketimbang nama pribadi. Meskipun begitu  ini bisa tergantung dari bisnis yang kamu kelola.

Kalau kamu seorang sales, berarti font perusahaan kamu harus lebih besar atau lebih menarik dari nama kamu. Tapi kalo kamu seorang freelance desainer grafis, pengarang, penulis atau seniman, kamu harus pastikan nama kamu lebih menarik dari nama bisnis kamu.

Intinya semua balik ke maksud dari kartu namanya, apakah untuk promosi perusahaan atau promosi personal.

     2. Tambahkan logo perusahaan.


Bagian tengah kartu nama biasanya fokus dari kartu nama tersebut. Bagian paling penting seperti nama bisnis dan kontak biasanya terdapat di bagian tengah. Logo sangat penting dalam membuat kartu nama perusahaan, karena itu merupakan bagian dari profesionalisme.

Penempatan logo sebisa mungkin jelas dan clear. Tidak ada elemen yang mengganggu secara visual, karena itu akan berdampak terhadap kemudahan audience untuk tahu visual logo kamu.

     3. Membuat audience tertarik.


Untuk menarik  perhatian dari pembaca, kamu bisa memaksimalkan desain di sepanjang gambar. Kalau kamu menggunakan logo di kartu nama perusahaan kamu, pastikan logo tersebut simpel dan tidak mengalihkan apapun di kartu. Tapi jangan sampai kelihatan terlalu simpel sehingga bisa terlihat membosankan. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian dari audience yang kamu inginkan dan mereka bisa tahu apa yang sedang kamu tawarkan.

Disini desain tata letak atau layout dari keseluruhan kartu nama sangat penting. Jangan terlalu banyak elemen yang memang tidak terlalu diperlukan.

     4. Produk atau jasa yang kamu tawarkan.


Ketika membuat kartu nama, penting juga buat kita untuk menulis produk atau jasa yang kamu tawarkan. Ini menjadi sangat penting, kalau ditambah nama bisnis kamu tidak sepenuhnya mendeskripsikan apa yang kamu tawarkan.

Contoh nama bisnis kamu TO Products Inc. dan menjual produk tentang komputer dan aksesorisnya, sangat penting buat kamu untuk menambahkan statement yang menunjukan bisnis apa yang kamu tawarkan, contoh, seperti slogan atau produk komputer apa saja yang kamu jual. Jangan semuanya kamu masukin di kartu nama. Yang kamu harus lakukan adalah tunjukan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan jelas dan menggunakan sedikit kata.


Dari 4 tips ini merupakan hal yang paling dasar untuk membuat desain kartu nama agar lebih efektif dan menarik. 

Punya tips yang lain? Silahkan share di kolom komentar ya. jangan lupa share artikel ini sama follow twitter dan facebook kita ya!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com