Monday, November 3, 2014

10+ Tips Membuat Desain Poster dan Flyer yang Efektif

Photo by Yonghyun Lee on Unsplash

Tips-tips desain poster dan flyer yang efektif


You’ll lose your audience if you don’t have good content. Semua pasti sudah pada tahu, flyer atau pamflet dan juga poster merupakan salah satu media yang bagus dan biasa digunakan untuk promosi. Tapi bagaimanapun juga kalo pesan yang kamu sampaikan gagal, tentunya akan membuat flyer dan poster tersebut menjadi kehilangan perhatian dari audience, diluar dari desain nya yang bagus.

Nah disini kamu bisa membaca 15 tips agar konten yang ada di flyer kamu menjadi efektif.


Here we go!


      1. Tetap dalam ringkasan


By: Printaholic.com
Ringkas lah informasi yang akan kamu sampaikan di flyer kamu, tapi jangan sampai kehilangan inti dari informasinya hanya karena terlalu ringkas atau terlalu bertele-tele. Jika audience menginginkan info lebih lanjut, kasih alamat kamu, nomor telepon dan situs kamu. 

      2. Informasi yang rapi


By: Printaholic.com
Berikan informasi yang rapi, jangan sampai berantakan. Langsung to the point, gunakan text boxes dan infografik untuk meng-organisasi informasi.

     3. Gunakan headline yang menarik


By: Printaholic.com
Fungsinya agar flyer kamu bisa menjadi unik, berbeda dan bisa menarik perhatian audience. Menggunakan headline yang menarik dan berhubungan dengan bisnis kamu. Biasanya, dengan membaca headline, consumer dapat langsung tahu apa yang ada di dalam pamflet

      4. Tambahkan keuntungan yang akan didapat


Coba gunakan paling sedikit 5 keuntungan yang akan didapat consumer dengan sangat jelas. Cara ini merupakan cara paling cepat untuk menunjukan kepada consumer kenapa mereka harus memilih bisnis kamu.

      5. Ikut Kompetisi




By: Printaholic.com

Cari jalan keluar supaya kamu bisa tahu, bahwa kamu lebih unggul dari yang lain dan apa yang harus dilakukan agar bisa menjadi lebih baik lagi. Salah satu caranya adalah ikut kompetisi.

      6. Koreksi beberapa kali


Jangan hanya kamu yang membaca ulang pamflet-nya, tapi pastikan ada satu atau dua orang yang juga membaca ulang. Kata yang salah dan nomor telepon yang salah urutan bisa membuat flyer kamu gagal.

      7. Masukan kata-kata yang berupa mengajak


By: Printaholic.com

Pakai kata-kata yang seolah-olah mengajak viewers untuk bergabung atau melihat. Jangan biarkan pembaca menjadi bosan. Harus dengan kalimat aktif dan jangan kalimat yang pasif. Beri tahu pembaca untuk pesan sekarang, telepon sekarang atau masuk sekarang ke sebuah situs. Pastikan juga bahwa mereka tahu kalo kamu ingin berinteraksi dengan mereka.

      8. Beri tahu apa yang spesial


Kamu punya sesuatu yang spesial? Seperti bonus pembelian atau diskon? Jangan lupa beri tahu consumer kamu secepatnya.

      9. Tahu siapa target market kamu


By: Printaholic.com


Lakukan pencarian tentang demografi target audience kamu. Pastikan juga konten dan pesan sesuai dengan customer yang kamu inginkan. Contohnya di bawah ini, pamflet tentang sebuah mobil yang hanya untuk pecinta mobil. Jika ada reader yang tidak mengerti, kemungkinan besar mereka tidak sedang ingin membeli sebuah mobil.

      10. Masukan informasi yang relevan


Pastikan consumer kamu tahu dimana lokasinya, cara menghubunginya, servis apa yang kamu lakukan dan infomasi yang berhubungan lainnya.

      11. Gunakan testimonial yang bagus


Kalau kamu memilih untuk memasukan testimonial, yang merupakan salah satu cara terbaik untuk mengkomunasikan nilai dari produk atau servis kamu. Pastikan juga untuk memilih testimonial yang tertulis secara jelas, profesional dan fokus tentang detail dari bisnis kamu.

      12. Masukan kontak di bawah, bukan di atas flyer


By: Printaholic.com

Pastikan kontak berada di bagian bawah flyer dan bukan di atas flyer. Berikan spot yang sangat jelas untuk headline kamu. Hal terakhir yang pembaca ingin lihat adalah nama bisnis atau perusahaan kamu dan info kontak.

      13. Harus mudah dibaca


Pilih font yang mudah dibaca dan juga ukuran kertas yang jelas, umumnya tidak kurang dari 10-point size.

      14. Anggap diri kamu adalah costumer


By: Printaholic.com
Coba untuk lebih berempati terhadap calon customer kamu. Pikirkan apa yang kamu inginkan jika menjadi customer dan terus lah latihan.

      15. Selalu menggunakan kata “Kamu”


Menggunakan kata “kamu” bertanda bahwa kamu seperti kontak langsung dengan pembaca dan juga jangan menggunakan kata yang tidak jelas seperti “mereka”.

Mudah-mudahan dengan 15 tips ini dapat membantu rekan-rekan sesama desainer bahwa flyer dan poster tidak hanya desain yang bagus (Walaupun sangat penting) tapi juga harus tetap dengan isi konten yang jelas dan relevan. 

Ingat, hasil akhir harus melihatkan kombinasi dari isi yang bagus dan desain yang menarik, jelas, ringkas dan efektif untuk meningkatkan bisnis kamu.
                 

Jangan lupa follow Fade Design di Twitter, dan Facebook.

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com