Photo by Yonghyun Lee on Unsplash |
Tips-tips desain poster dan flyer yang efektif
You’ll lose your audience if you don’t have good content. Semua pasti sudah pada tahu, flyer atau pamflet dan juga poster merupakan salah satu media yang bagus dan biasa digunakan untuk promosi. Tapi bagaimanapun juga kalo pesan yang kamu sampaikan gagal, tentunya akan membuat flyer dan poster tersebut menjadi kehilangan perhatian dari audience, diluar dari desain nya yang bagus.
Nah disini kamu bisa membaca 15 tips agar konten yang ada di flyer kamu
menjadi efektif.
Here we go!
1. Tetap dalam ringkasan
By: Printaholic.com |
Ringkas lah informasi yang akan kamu sampaikan di flyer kamu,
tapi jangan sampai kehilangan inti dari informasinya hanya karena terlalu
ringkas atau terlalu bertele-tele. Jika audience menginginkan
info lebih lanjut, kasih alamat kamu, nomor telepon dan situs kamu.
2. Informasi yang rapi
By: Printaholic.com |
Berikan informasi yang rapi, jangan sampai berantakan. Langsung to
the point, gunakan text boxes dan infografik untuk
meng-organisasi informasi.
3. Gunakan headline yang menarik
By: Printaholic.com |
Fungsinya agar flyer kamu bisa menjadi unik, berbeda dan bisa menarik
perhatian audience. Menggunakan headline yang menarik dan
berhubungan dengan bisnis kamu. Biasanya, dengan membaca headline, consumer
dapat langsung tahu apa yang ada di dalam pamflet
4. Tambahkan keuntungan yang akan didapat
Coba gunakan paling sedikit 5 keuntungan yang akan didapat consumer dengan
sangat jelas. Cara ini merupakan cara paling cepat untuk menunjukan kepada
consumer kenapa mereka harus memilih bisnis kamu.
5. Ikut Kompetisi
By: Printaholic.com |
Cari jalan keluar supaya kamu bisa tahu, bahwa kamu lebih unggul dari yang
lain dan apa yang harus dilakukan agar bisa menjadi lebih baik lagi. Salah satu
caranya adalah ikut kompetisi.
6. Koreksi beberapa kali
Jangan hanya kamu yang membaca ulang pamflet-nya, tapi pastikan ada satu
atau dua orang yang juga membaca ulang. Kata yang salah dan nomor telepon yang
salah urutan bisa membuat flyer kamu gagal.
7. Masukan kata-kata yang berupa mengajak
By: Printaholic.com |
Pakai kata-kata yang seolah-olah mengajak viewers untuk bergabung atau
melihat. Jangan biarkan pembaca menjadi bosan. Harus dengan kalimat aktif dan
jangan kalimat yang pasif. Beri tahu pembaca untuk pesan sekarang, telepon
sekarang atau masuk sekarang ke sebuah situs. Pastikan juga bahwa mereka tahu
kalo kamu ingin berinteraksi dengan mereka.
8. Beri tahu apa yang spesial
Kamu punya sesuatu yang spesial? Seperti bonus pembelian atau diskon?
Jangan lupa beri tahu consumer kamu secepatnya.
9. Tahu siapa target market kamu
By: Printaholic.com |
Lakukan pencarian tentang demografi target audience kamu. Pastikan juga
konten dan pesan sesuai dengan customer yang kamu inginkan. Contohnya di bawah
ini, pamflet tentang sebuah mobil yang hanya untuk pecinta mobil. Jika ada
reader yang tidak mengerti, kemungkinan besar mereka tidak sedang ingin membeli
sebuah mobil.
10. Masukan informasi yang relevan
Pastikan consumer kamu tahu dimana lokasinya, cara menghubunginya, servis
apa yang kamu lakukan dan infomasi yang berhubungan lainnya.
11. Gunakan testimonial yang bagus
Kalau kamu memilih untuk memasukan testimonial, yang merupakan salah satu
cara terbaik untuk mengkomunasikan nilai dari produk atau servis kamu.
Pastikan juga untuk memilih testimonial yang tertulis secara jelas, profesional
dan fokus tentang detail dari bisnis kamu.
12. Masukan kontak di bawah, bukan di atas flyer
By: Printaholic.com |
Pastikan kontak berada di bagian bawah flyer dan bukan di atas flyer. Berikan spot yang sangat jelas untuk headline kamu. Hal terakhir yang pembaca ingin lihat adalah nama bisnis atau perusahaan kamu dan info kontak.
13. Harus mudah dibaca
Pilih font yang mudah dibaca dan juga ukuran kertas yang jelas, umumnya
tidak kurang dari 10-point size.
14. Anggap diri kamu adalah costumer
By: Printaholic.com |
Coba untuk lebih berempati terhadap calon customer kamu. Pikirkan apa yang kamu inginkan jika menjadi customer dan terus lah latihan.
15. Selalu menggunakan kata “Kamu”
Menggunakan kata “kamu” bertanda bahwa kamu seperti kontak langsung dengan
pembaca dan juga jangan menggunakan kata yang tidak jelas seperti “mereka”.
Mudah-mudahan dengan 15 tips ini dapat membantu rekan-rekan sesama desainer
bahwa flyer dan poster tidak hanya desain yang bagus (Walaupun sangat penting) tapi juga
harus tetap dengan isi konten yang jelas dan relevan.
Ingat, hasil akhir harus melihatkan kombinasi dari isi yang bagus dan
desain yang menarik, jelas, ringkas dan efektif untuk meningkatkan bisnis
kamu.
Post a Comment