Friday, November 7, 2014

10 Tips Memilih Seorang Desainer Logo

By lassoarts.com

Tips Memilih Desainer Logo


Kamu masih bingung untuk memilih seorang desainer logo?

Pada kenyataannya cukup sulit memang untuk memilih desainer yang sangat spesifik seperti yang diinginkan. Tapi ada beberapa faktor yang bisa diperhatikan dulu sebelum mempekerjakan seorang desainer.

Mudah-mudahan dengan artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih seorang desainer logo. 10 tips ini juga bisa membantu kamu dalam memilih desainer dari berbagai bidang yang lain.

Here we go!

      1. Pengalaman


     Dalam hal apapun, pengalaman memegang peranan yang sangat penting. 

    Sebagai orang yang sedang mencari seorang desainer logo, kamu harus lihat projek terakhir calon desainer logo kamu dan bukan berarti desainer yang masih baru tidak bisa membuat logo yang bagus. 

   Dalam hal ini yang mempunyai pengalaman yang panjang dan banyak dengan berbagai klien, bisa menjadi salah satu indikator bahwa desainer ini sudah profesional.

      2. Testimonial yang positif


Apakah calon desainer logo kamu punya testimonial yang baik dari klien dan kolega dia yang dulu? 

Pastikan kamu mengecek kebenaran testimonial tersebut dengan cara cari situsnya atau email perusahaan tersebut. Ide yang bagus untuk mengecek apakan perusahaan tersebut masih aktif atau tidak. 

      3. Proses desain yang teliti

core77.com
Apakah calon desainer kamu mempunyai proses yang teliti dalam membuat logo? Atau dia membuat logo secepat makanan cepat saji? 

Proses yang baik dan teliti memerlukan waktu lebih dari 48 jam. Kamu juga harus memikirkan untuk berapa lama logo kamu akan digunakan. Apakah kamu mau logo kamu dibuat dalam waktu kurang dari 48 jam?

Tidak ada trik khusus, semua tergantung kemampuan desainer itu sendiri. Tapi membuat logo untuk bisnis kecil dan menengah, waktu dalam membuat logo bisa berkisar 2 sampai 6 minggu.

      4. Penghargaan / Published Work.


Apakah calon tersebut pernah memenangkan sebuah award karena karyanya? Dan juga apakah karyanya ditampilkan diberbagai buku atau majalah?

      5. Portfolio yang bagus

By LogoDesigNext

Sekuat apa portfolio calon desainer kamu? Apakah bagus atau biasa saja? Apakah calon desainer tersebut pernah membuat logo dengan tema yang sama seperti yang kamu inginkan? 

      6. Harga


Berapa harga pasti sebuah desain? Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanya dan paling susah dijawab. Karena memang setiap perusahaan punya keinginan yang berbeda. 

Keputusan yang tepat adalah dengan melakukan negosiasi harga.

      7. Design Affiliations


Apakah calon desainer logo kamu punya hubungan dengan asosiasi tentang desain atau sebuah penerbitan? Ini hal yang bagus untuk mengindikasikan bahwa calon kamu punya dedikasi dibidang logo.

      8. Customer Service yang baik



By Salesforce

Apakah pada saat kamu menghubungi lewat email, dia membalas dengan cepat? Bagaimana dia berkomunikasi dan memperkenalkan dirinya? Seorang desainer harus menyediakan pelayanan yang baik sepanjang proses berlangsung.

      9. Profesional


Memperhatikan ketelitian, dapat dipercaya, cara berkomunikasi yang baik dan manajemen waktu adalah bagian yang vital dan menjadi tolak ukur sisi profesional seseorang.

     10. Pertanyaan yang tepat.

   Seorang desainer harus bertanya berbagai macam pertanyaan untuk mengetahui apa yang kamu inginkan dan apakah berhubungan dengan tujuan dari bisnis kamu. 
     
    Pertanyaan harus sekitar sejarah perusahaan, target market, kompetitor, tujuan perusahaan dan yang lainnya. 

Kamu punya poin – poin yang lain? Yuk sharing di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini sama follow twitter dan facebook kita ya!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com