Saturday, November 8, 2014

Tips-Tips Terbaik Desain Infografis yang Menarik dan Efektif

By prnewsonline.com














8 Tips Infografis yang Efektif dan Menarik


Infografis yang menarik pasti akan mengundang perhatian. 

Infografis mengandung banyak informasi dan merangkumnya dengan menggunakan cara yang kreatif. Pernahkah kamu melihat sebuah infografis yang sangat bagus tapi sebenarnya kamu tidak terlalu tertarik dengan informasinya?

Nah kali ini, kita akan membahas beberapa tips dasar untuk membuat infografis menjadi semakin menarik dan efektif.

      1. Ukuran bukan masalah.


Kalau kamu pernah atau sering mengunjungi situs tentang berita, kemungkinan besar kamu pasti menemukan infografis. 

Umumnya berbentuk persegi panjang yang vertikal. Inilah yang membuat grafis menjadi lebih menarik dan kamu punya ruang yang banyak untuk menambahkan konten. Infografis yang lebih tinggi, lebih baik untuk berita yang mempunyai banyak informasi yang ingin disampaikan.

      2. Gambar utama.


Terkadang sebuah infografis mempunyai fokus yang berada di tengah untuk bisa menarik perhatian viewers

Caranya bisa dengan menggunakan gambar yang menarik agar bisa mengundang perhatian. Buatlah satu gambar untuk menjadi visual yang paling utama, supaya para viewers bisa dengan mudah menangkap apa inti informasi yang ada pada sebuah infografis.

      3. Mudah dibaca.



By Hot Butter Studio

Salah satu keuntungan dari infografis yaitu memberikan kamu kesempatan untuk meringkas informasi dengan cepat dan efektif.

Artinya kamu harus “mengupas” konten tersebut ke bagian yang paling sederhana/utama. Inti dari masalah dan poin penting yang ingin disampaikan.

Untuk hasil akhir, kamu harus bisa menemukan ide apa yang akan di ilustrasikan untuk membantu menunjang infografis secara keseluruhan.  

      4. Konten yang bagus.


Infografis tidak hanya sekedar tampilan dari visualnya yang menarik atau indah, tetapi infografis juga memberikan perpaduan yang efektif dari informasi dan visualnya.

Pastikan kamu juga punya hal yang menarik untuk dibuat dengan infografis dan gunakan konten yang kamu punya tersebut dengan baik.

      5. Simpel


By envirofootprint.com
Ketika kamu membuat infografis, pastikan informasi dan desain menjadi satu kesatuan 

Jangan mencoba untuk terlalu rumit supaya informasinya bisa tersampaikan dengan mudah. Kalau terlalu rumit atau terkesan berantakan nantinya infografis akan terasa seperti jigsaw puzzle

Kamu harus menentukan area untuk visual dan info kamu. Cara ini bisa kamu lakukan juga untuk menambahkan atau menghilangkan konten dan desain yang tidak perlu. 

Desain yang profesional selalu berfikir dari sudut pandang khalayak ramai ketika membuat sebuah desain. 

      6. Font yang dipilih


Orang yang baru memulai karir sebagai seorang desainer grafis mungkin menganggap keanekaragaman merupakan hal yang bagus. 

Bagaimanapun juga, penggunaan banyak font dalam satu infografik justru akan terlihat kompleks dan rumit. 

Kamu juga harus jauh-jauh dari font Comic Sans dan Papyrus, kalau kamu ingin serius. Arial dan Helvetica adalah salah satu font yang bagus untuk tingkat keterbacaan dan untuk berbagai macam ukuran infografis.

      7. Penggunaan warna


Hanya karena kamu punya perbendaharaan atau palet warna yang banyak untuk dipakai, bukan berarti harus di pakai semua yang nantinya akan membuat infografis terlihat warna-warni seperti pelangi. 

Ego kamu harus disingkirkan dulu untuk sementara dalam memilih kombinasi warna. Banyak sekali infografis yang hanya memiliki dua kombinasi warna dan tetap terlihat bagus dan efektif.

      8. Sentuhan kreatif



By Sam Gilbey
The best thing about awesome infographics is that no two of them are the same
Maksud dari quote di atas adalah setiap infografis mempunyai keunikan tersendiri. Oleh karena  itu para desainer ingin membuat infografis menjadi "berbeda" dibanding yang lain.

Pastikan juga kamu punya inspirasi atau idola dalam membuat infografik, tapi pada akhirnya infografis tersebut harus jadi masterpiece milik kamu.

Contohnya situs seperti Mashable, Hubspot dan masih banyak lagi situs yang dipenuhi tentang inspirasi atau tips seputar infografis. Browsing bisa menjadi ide yang bagus. Kalau kamu sudah dapat ide yang banyak, mulai lah latihan membuat infografis. 

Semua tips di atas merupakan cara yang paling dasar untuk membuat infografis terlihat menarik secara visual dan juga membuat informasi yang ingin disampaikan menjadi lebih efektif. Semoga 8 tips dari Efdi ini bisa membuat kamu semakin semangat dalam membuat infografis ya! 

Kamu punya pendapat atau tips lain? Yuk sharing di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini sama follow twitter dan facebook kita ya!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com