Sunday, November 9, 2014

Pengertian dan Karakter dari Kreativitas Menurut Ahli

psmag.com






Pasti ketika kita sedang membicarakan tentang kreativitas, apa yang dibicarakan tidak jauh dari yang namanya seni, menulis dan musik. Walaupun itu benar, tapi membatasi hanya ke dalam tiga bidang tersebut tentunya sedikit keliru. 

Hanya berfikir bahwa kreativitas itu meliputi musik, seni dan menulis, memang benar, tetapi kreativitas sebenarnya lebih dari tiga bidang tersebut. Kreativitas dapat juga berhubungan dengan berbagai banyak bidang.

       Definisi dari Kreativitas

By Freepik/Rawpixel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kreativitas mempunyai arti kemampuan untuk mencipta, daya cipta, perihal berkreasi dan kekreatifan.

Salah satu contohnya seperti lawakan, penemuan, ide, lukisan atau pekerjaan sastra. Terlebih lagi, ide ini menyangkut beberapa hal disiplin seperti pendidikan, psikologi, teori fisika, filosofi, sosiologi, teknologi, ekonomi, ilmu bahasa dan agama.

Jadi kesimpulannya, keinginan untuk menjadi kreatif adalah dengan mengenali atau membuat banyak ide-ide baru yang diakhiri membuat sesuatu yang baru dan berharga.

      Karakter dari Kreativitas


Untuk membantu kita memperdalam lebih jauh arti dari kreativitas, dibawah ini ada beberapa karakter yang penting dalam kreativitas dari seorang Psikolog asal Amerika, J.P Guilford:

     1. Originalitas


Orang yang kreatif tumbuh dengan originalitas. 

Kamu tidak bisa disebut kreatif apabila ide atau konsep kamu sama dengan orang lain. Akan tetapi, kreativitas juga bisa didapatkan meskipun dengan menggunakan ide orang lain. Dengan cara kamu harus memastikan ide tersebut kamu modifikasi dan gunakan dengan style kamu sendiri. 

     2. Kelancaran berfikir dan fleksibel


Dua karakter ini menyinggung aspek teori dari kreativitas. 

Artinya orang dengan kreativitas yang lancar dan fleksibel terhadap ide dan konsep. Maksud dari lancar disini adalah orang yang mampu menemukan beberapa ide dan fleksibel diartikan kecepatan dan kemudahan dalam mengembangkan sebuah ide.

     3. Teliti


Membuat atau menciptakan ide, terkadang bisa sangat mudah. 

Tapi merealisasikan konsep tersebut bisa menjadi menyulitkan. Jadi, orang yang benar-benar kreatif dapat tahu bagaimana merealisasikan ide tersebut untuk menjadi kenyataan.

     4. Sensitif terhadap masalah


Umumnya, poin ini membicarakan tentang bagaimana seseorang bereaksi ketika berhadapan dengan sebuah masalah. 

Orang yang tidak kreatif akan memecahkan masalah dengan cara yang orang lain juga tahu. Sedangkan individu yang kreatif akan menganalisa dan membuat solusi terbaik dan berbeda, baik dari menggunakan pengetahuannya atau dengan cara tradisional.

     5. Mendefinisikan ulang


Karakter pada poin ini mengacu pada kemampuan dalam menggambarkan sesuatu yang sudah lama atau tua ke sesuatu yang baru. 

Contohnya kamu ingin menjahit baju kamu, tapi kamu tidak punya jarum. Hanya punya sebuah pensil, ikan dan paku. 

Umumnya orang justru akan berhenti menjahit sampai dia punya jarum. Tapi bagi orang yang kreatif, dia akan melihat setiap masalah pasti punya solusi. Salah satu contoh bisa menggunakan tulang dari ikan untuk menggantikan jarum.

     6. Toleransi dalam ketidakpastian


Karakter ini mengartikan kemampuan dalam mengambil “ketidaktentuan” tanpa merasa stres. 

Normalnya, orang akan menghindari ketidakpastian. In contrast, orang dengan sifat kreatif bisa mentoleransi keraguan seperti itu sampai dia punya solusi untuk menyisihkannya.

     7. Pengambil Resiko


Salah satu poin penting karakter dalam kreativitas adalah orang yang mampu mengambil resiko. 

Faktanya, beberapa teknologi yang baru, penemuan, kreasi dan ide tercipta ketika seseorang mengambil resiko.  Apalagi, orang yang kreatif juga harus bisa fleksibel dan punya originalitas dari karakter ini.

  Tapi tidak menutup kemungkinan, mengambil resiko juga bisa berakhir dengan kegagalan. Tapi bagaimanapun juga, kegagalan tidak selalu hal yang buruk karena itu bisa membawa kita ke ide yang lebih cemerlang. 

     Jadi, mengambil resiko adalah hal yang bagus. 

     8. Rasa penasaran.


Karakter yang lain dalam kreativitas adalah mempunyai rasa penasaran yang tinggi.

Itu mengarahkan kita mempunyai hasrat untuk belajar atau mengetahui sesuatu lebih dalam. 

Karakter ini membolehkan seorang individu untuk mendapatkan inspirasi dan pengetahuan untuk menghasilkan ide kreatif yang baru. Karakter ini juga mengizinkan individu untuk menemukan sesuatu yamg mungkin orang belum banyak yang tahu. 

Terkadang banyak orang berfikir kreativitas hanya dimiliki oleh orang yang pintar dan orang yang mendapatkan kelebihan di pikirannya. Tapi nyatanya bukan itu inti masalahnya. Setiap orang pasti punya sisi kreatif. So, semua orang bisa menjadi kreatif dengan mempunyai right mindset or state of mind.

Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa share artikel ini sama follow twitter dan facebook kita ya!

Terima kasih sudah membaca!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com