Sunday, October 12, 2014

How to Write a Good Design Brief?

How to Write a Good Design Brief

Ada 6 cara dasar yang bisa membantu kamu untuk membuat A Good Design Brief. Tentunya pengarahan dalam mengerjakan sebuah proyek desain amat sangat diperlukan dan jangan sampai kita sepelekan. Pastikan bahwa klien kamu mengisi salah satu dari 6 cara ini. Dengan adanya Briefing dari klien, tentunya bisa memudahkan kita dalam mengerjakan proyek tersebut.

Artikel kali ini akan membahas cara yang paling dasar dalam membuat Design Briefing agar memudahkan kita dalam mendesain dan menghindari masalah dengan klien. 
Ini 6 cara membuat A Good Design Brief.

  •     Sasaran dan Tujuan dari Desain
  •     Anggaran dan Jadwal
  •     Target Market
  •     Available Materials/Needed Materials
  •     Style
  •  “Suka dan Tidak Suka”

      1. Sasaran dan Tujuan dari Desain

     Ini adalah hal paling utama yang harus kamu ketahui dari klien kamu. Apakah ini hanya re-design atau membuat desain yang baru? Apa si klien tersebut juga mempunyai ide yang jelas atau masih samar?

Sangat penting bagi klien kamu untuk menentukan goals atau tujuan karena itu adalah hal yang bisa sangat membantu kamu dalam mengerjakannya.


      2. Anggaran dan Jadwal

Budget bisa menjadi hal yang sensitif buat beberapa klien. Banyak klien yang merasa jika dia harus memberi tahu anggaran yang dia punya terlebih dulu sebelum kamu menjelaskan pricelist kamu sendiri.

Apa yang terkadang klien kamu tidak mengerti yaitu persoalan tentang waktu dan anggaran yang dia punya, kamu bisa menyesuaikan dengan servis kamu agar bisa memberikan keuntungan buat budget mereka. Nah disini bagian kamu untuk ber-negosiasi dengan si klien.

Schedule juga sama pentingnya dengan budget. Beberapa klien ada yang belum tahu perihal berapa lama dalam membuat sebuah desain yang bagus dan sesuai. Mereka juga belum tentu mengerti bahwa desain yang bagus membutuhkan waktu dan tidak hanya sekedar membuat desain yang indah.

Pasti klien juga punya deadline tertentu yang harus kita penuhi. Tidak ada salahnya juga kita mengetahui kenapa si klien ingin kita menyelesaikannya dalam waktu tertentu. Apakah jadwalnya fleksibel atau tidak?

Kamu juga harus realistis terhadap anggaran dan jadwal si klien, kalau kamu tidak bisa melakukan dalam budget dan schedule tertentu, terus terang kepada si klien. Tawarkan solusi alternatif jika memungkinkan. Mungkin kamu bisa menemukan bahwa bekerja dengan si klien dan dalam batasan yang dia punya, bisa menambah relationship kamu dengan si klien.


      3. Target Market

Ini sangat penting buat kita ataupun klien agar desainnya bisa “mengena” ke masyarakat atau kalangan tertentu. Jangan lupa buat bertanya ke klien kamu, target desainnya mau ke kalangan apa? Apakah ke arah masyarakat menengah ke bawah atau ke atas? Apa remaja atau buat orang tua? Ini sangat penting agar desain yang kamu buat bisa sesuai. Kalo klien kamu belum yakin dengan target marketnya, jangan lupa juga tanya siapa yang paling ideal atau yang paling cocok jadi customer-nya.


4. Available Materials/Needed Materials

Ini juga bisa jadi referensi buat kita, jangan hanya lihat dari Google. Coba tanyakan pada klien apa dia punya foto, desain, logo atau brosur yang bisa jadi referensi kita?. Dari semua itu bisa di jadikan inspirasi kamu, sedikitnya kamu bisa tahu selera si klien.


5. Style

Kamu juga harus mengerti bahwa setiap orang punya selera desain yang berbeda. Belum tentu antara kamu dan klien kamu punya style yang sama. Engga ada salahnya untuk coba kamu tanya ke si klien, desain apa yang dia suka sama yang gak disuka. Sedikitnya kamu punya tambahan referensi atau lebih cepat lagi kalo klien kamu udah memberi tahu dari awal, jadi dalam membuatnya bisa lebih mudah.


      6. “Suka dan Tidak Suka”

Soal ini emang kurang lebih sama dengan poin nomor 5, tapi perbedaannya terletak di apa yang klien kamu inginkan pada desainnya. Jadi biar kamu gak buang-buang waktu buat desain yang pasti ditolak.



Oke teman-teman paling tidak 6 cara di atas bisa bantu kamu dalam membuat design brief yang bagus. Kalau kalian punya cara lain, mari share di kolom komentar.  Thank you.

Jangan lupa juga untuk follow Fade Design di Twitter, Google+ dan Facebook.  

Terima kasih sudah membaca!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com