Thursday, January 29, 2015

Cara Simpel Mengeluarkan Seluruh Kreativitas Kamu

Ilustrasi 5 Hal Simpel Mengeluarkan Kreatiftitas Dari Dalam



Kali ini kita akan membahas 5 cara simpel agar kreativitas yang ada di dalam diri kamu bisa keluar. Mau tau kan apa aja? Check this out!

Pete Sena, founder dari Digital Surgeons, memberikan lima cara simpel untuk menarik keluar semua kreativitas kamu yang masih ada di dalam fikiran dan otak kamu.

Kalau berbicara soal kreativitas, pasti akan ada banyak sekali jawaban dari berbagai sumber. Bahkan, kreativitas juga bisa kita dapat pada saat kita merasa iri sama sesuatu atau apapun, merasa mengaggumi sesuatu atau seseorang dan juga bisa keluar pada saat kita merasa dihina atau diejek. Ini semua karena kreativitas tidak dimulai dengan hanya diam merenung sambil berfikir dan juga bukan bawaan gen.

Semua dimulai dengan proses.

Cara Otak Memproses Kreativitas


Illustration by ilovedust

Penting juga untuk kita mengetahui cara kerja otak dalam memproses kreativitas. Sebagian orang bekerja dengan otak kiri, sebagian bekerja dengan yang kanan. Menurut si Pete, kreativitas yang sesungguhnya itu berasal dari perpaduan antara otak sisi kanan dan kiri. 

Tapi ini bukan berarti orang yang mempunyai pemikiran hebat, dianugerahi otak yang berbeda. Faktanya menurut, Dr. R. Keith Sawyer yang berasal dari associate professor of education and of psychology di Washington University yang ada di St. Louis, "Tidak ada satu pun orang yang terlahir dengan kreatifitas yang hebat"

Kreativitas Bukanlah Sihir


Illustration by Mike Chipperfield of Magictorch

"Psikologi yang berhubungan dengan kreativitas telah menemukan ini semua berdasarkan teori proses yang kita berikan. Kreativitas bukan hasil dari sulap yang berasal dari otak tertentu yang beberapa orang punya dan yang lain tidak"

Dengan kata lain, kreativitas tidak hanya di punya oleh seseorang dengan otak kanan, ide dan inspirasi bisa datang dari siapa aja, tanpa memperhatikan latar belakang.

Oke sekarang sudah pada paham kan, kreativitas bukan lah bawaan dari lahir, gen atau sebuah kekuatan yang bisa didapatkan dari lahir. 

Kreativitas adalah sebuah persatuan dari to do list dan kebiasaan kamu. Menurut Pete, yang diperlukan dalam creativity solutions baik itu untuk personal atau buat yang sudah profesional adalah methodical framework

Apa aja sih metodenya? Nih!

1. Pengetahuan: Mengerti Akar Masalahnya

Pertama, kamu harus tahu dulu apa akar masalahnya. Terus perdalami masalahnya sampai kamu benar - benar paham dan diluar kepala. Masalah dan solusinya harus kamu kembangkan. 

Menurut Pete, dia selalu memasangkan masalah yang ingin diselesaikan dengan kombinasi cultural  dan  pengetahuan tentang perilaku dengan menempatkan sebuah ide ditengah - tengah keinginan dari pengguna. Ini memerlukan penglihatan yang tajam (terhadap solusi sebuah masalah), pengulangan dan kesabaran. Ingat, banyak desain yang terbaik berasal dari observasi dan diulang - ulang. 

2. Perdalam Mindset

Terus tekan diri kamu untuk selalu mendapatkan informasi yang tersedia, habis itu perdalam terus. Pada saat fase eksplorasi ini, tidak semua hal - hal yang bagus itu diperlukan. Tapi kamu harus tetap terus mencari berbagai informasi yang bisa membantu kamu dalam menyelesaikan sebuah masalah. 

3. Meresap

Setelah kamu selesai mencari informasinya, pada step ini, menurut Pete, kamu bisa berhenti sementara untuk berfikir atau istilahnya dikenal dengan "thinking aside". Biarkan informasi yang sudah kamu dapatkan tadi menyatu dan membentuk sebuah kreativitas sendiri.

4. 'Aha' Moment Reminder

Sebagai seorang desainer, pasti sudah tahu apa definisi dari 'aha' momen dan juga pernah merasakannya. Situasi dimana kamu bisa tiba - tiba mendapatkan sebuah ide dan inspirasi. Bisa saat kamu sedang di sawah, di gunung atau di mall dan di lain - lain tempat. Seolah - olah seperti banyak bola lampu yang menyala di atas kepala kamu.

5. Remove Any Bias 

Setelah kamu berhasil mendapatkan ide brilian, sekarang saatnya meneliti ide tersebut. Konsep apa yang kira - kira akan kamu pakai dan bagian mana yang akan kamu perbaiki juga bagian mana yang akan kamu kembangkan.   

Gagal? Siapa takut!

Siapa sih orang yang suka dengan kegagalan? Pasti gak ada kan. Semua orang pasti selalu ingin sukses tanpa melalui kegagalan. Padahal gagal adalah syarat untuk mencapai kesuksesan. Kamu harus berani untuk merangkul dan merayakan kegagalan. Buat apa sih? Ya buat semakin nambah kreativitas kamu juga. Pastinya kamu lebih ingin mengalami 10 kali kegagalan yang berbeda daripada 10 kali gagal di hal yang sama. 

Pengulangan atau iteration merupakan hal yang diperlukan menciptakan kreativitas. Seperti mengeluarkan ide - ide atau membuat sebuah prototype. Kalau masih tidak bekerja juga, mungkin kamu harus balik ke drawing board kamu dan ber sketsa lagi untuk menemukan ide kembali.


Sudah pada mengerti kan gimana cara mengeluarkan ide - ide kamu yang masih tertahan di dalam otak dan fikiran kamu? Mudah - mudahan dengan artikel ini bisa membantu kamu untuk lebih produktif lagi dalam hal kreatifitas ya.

Kamu punya cara - cara atu metode yang lain? Yuk sharing di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini sama follow twitter dan facebook kita ya!

S: creativebloq.com

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com