Thursday, December 4, 2014

Suka ilustrasi? Ini Salah Satu Metode Dalam Membuat Sketsa

Illustrasi metode sketsa dari Sean Andrew Murray by Fade design


Sering membuat ilustrasi? Atau sering membuat sketsa gambar? 

Kali ini kita akan menulis tentang salah satu metode atau gaya dalam ber sketsa ria dari seorang ilustrator bernama Sean Andrew Murray


Sedikit biografi aja, Sean ini merupakan seorang freelance concept artist dan juga illustrator dari Amerika. Karir dari Sean ini sangat terkenal, dengan ikut andil dalam beberapa video games terkenal seperti Dungeons and Dragons Online, The Lord of The Rings Online dan masih banyak lagi.

Metode yang diberikan oleh Sean adalah dengan cara seperti ‘menyebar atau menghambur-hamburkan warna, garis dan brush

Cara terbaik agar bisa melakukan metode tersebut adalah dengan bekerja lebih cepat, lepas dan keberanian untuk mencoba beberapa brush berbeda. Mungkin kamu bisa menyebut metode ini dengan menggunakan brush secara random baik itu dari sebuah sketsa atau membuat sebuah objek dan karakter.

Menurut Bob Ross, seorang seniman dari Amerika juga mengatakan bahwa sketsa itu seperti ‘Happy Accident’. Lakukan sesuatu, lihat apakah bekerja, jika tidak, hapus dan coba lagi atau kasih pewarnaan. 

Kesimpulannya, ketika kamu mempunyai atau pernah membuat sebuah karakter desain tapi bingung dengan background, kamu tinggal buat layer baru dan mulai coba belajar dari metode yang dijelaskan Sean. Pada saat momen itulah kita bisa menemukan “Happy Accident”. 


Oke biar bisa lebih jelas Here it is...

4 Metode Sketching Dalam Ilustrasi Menurut Sean Andrew Murray

      1.     Cepat dan Lepas


By Sean Andrew Murray

Hal pertama yang dilakukan oleh Sean adalah membuat garis pembatas, kamu bisa lihat gambar diatas. 

Menurut dia kenapa membuat garis atau kotak pembatas seperti itu hanya untuk memberikan ruang yang kecil untuk membuat karakter. Dia menggunakan pencil seperti line tool (seperti flat round brush) dan barulah sketsa mulai menemukan bentuk-bentuk yang menarik dalam kotak pembatas tersebut.

      2.     Eksplorasi Brush


Menurut Sean, cobalah untuk menggunakan beberapa jenis brush yang berbeda.

Dimulai secara random untuk menambahkan bagian di dalam karakter tersebut dan memberikan ukuran juga soliditas. 

Sean mengatakan, harus terus bereksperimen dengan berbagai macam bentuk dan brush untuk mengisi detailnya atau kalo kamu merasa bahwa ada yang tidak cocok, jangan dipaksakan.

      3.     Dimensi yang berbeda


By Sean Andrew Murray

Jangan takut untuk merubah dimensi dari work area kamu. 

Kalau secara komposisi kamu merasa ingin lebih, ubah saja dengan menambahkan ukuran canvas nya. 

Kalo kamu menggambar di kertas ya tinggal ditambah kertasnya. Sean juga menambahkan, tidak ada perbedaan buat kamu yang menggambar dikertas atau pun secara digital. Gunakan bentuk-bentuk yang simpel untuk mengeluarkan ide.

      4.     Rough is right


By Sean Andrew Murray

Gunakan kecepatan goresan kalian untuk berimproviasi dan untuk menambahkan sisi emosional ke gambar kamu. 

Jangan khawatir kalau beberapa elemen seperti terlihat kasar dan sembarangan, karena nanti kamu bisa menyaringnya dan membuat lebih detail.

Sean juga menyarankan untuk menambahkan ‘chaos’ atau kekacauan di gambar kamu dan ubah menjadi sebuah keuntungan bagi kamu.


By Sean Andrew Murray

Menggunakan kecepatan dan cara seperti yang dilakukan Sean Andrew Murray diatas bukan hanya dapat menghasilkan hasil karya yang bagus, tetapi juga bisa membuat kamu lebih luwes dalam menggambar.

Selain itu juga bisa menambah kreativitas kamu dan juga membuat kamu berfikir untuk membuat sesuatu dari hal yang simpel. 

So, tetap latihan terus jangan mudah meyerah. Semuanya membutuhkan yang namanya proses. 

Jangan lupa share artikel ini sama follow twitter dan facebook kita ya!

Terima kasih sudah membaca!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com