Saturday, November 15, 2014

Tips Paling Dasar Untuk Membuat Font Sendiri

Ilustrasi buat font sendiri by fade design

Memiliki font atau typeface sendiri bisa membuat kita mempunyai ciri khas dan pastinya berbeda dari desainer yang lain. 

Selain dari segi desain, font juga berpengaruh dalam sisi unik seorang desainer. Walaupun tidak diharuskan, tapi tidak ada salahnya kan mencoba membuat font untuk kamu sendiri atau bisa juga kamu jual font tersebut. 

Nah tapi sebelum belajar secara teknis dalam membuat font, alangkah baiknya kamu juga mempersiapkan diri untuk belajar buat font dari yang paling dasar.

So, di artikel kali ini efdi akan bahas mengenai cara paling dasar dalam membuat font sendiri.

4 Tips dasar untuk membuat font sendiri


      1. Membaca


fcsok.com
Sebenernya mau apapun cita-cita kamu, membaca harus masuk dalam proses. Termasuk dalam menjadi seorang desainer, membaca juga sangat dibutuhkan. 

Nah dalam membuat sebuah font juga harus benar-benar teliti, seperti permasalahan spacing atau legibility yang mungkin kamu sendiri belum tahu banyak.

Contohnya, huruf seperti O harus lebih dekat dengan font yang lain dibanding huruf yang lurus seperti N dan tinggi sedikit dibanding dengan huruf H.

Poin ini tidak boleh kamu hiraukan. Latihlah terus mata dan pikiran kamu. Sedikitnya itu adalah investasi untuk masa depan kamu dan dalam belajar membuat font.

Buat kamu yang masih baru ingin mencoba, yang ingin tau lebih dalam soal font atau juga yang menjadikan tipografi menjadi bidang kamu, dibawah ini ada beberapa inspirasi dan sumber yang sangat sayang kalau di tinggalkan:


      2. Sketsa


naldzgraphic.net
Kebanyakan para font desainer itu bekerja dengan laptop atau komputer. Tapi buat kamu yang baru belajar tentang font, lebih disarankan untuk perbanyak sketsa tangan terlebih dulu. 

Jangan terlalu terburu – buru, rasakan dulu feel membuat font dengan sketsa. 

Di poin ini, kualitas dari garis setiap hurufnya, spasi diantara huruf, ukuran dll. Nah saat semua sudah rapi dan kamu udah puas, tebalkan, scan ke laptop atau komputer.

      3. Convert to Vector


Sedikit saran untuk yang baru mau mulai, scan font di grayscale, 300 dpi sudah cukup detail. 

Pertama gunakan Curves tool dari Photoshop untuk menghilangkan garis – garis yang menyimpang dan corengan, habis itu edit dengan brush dan eraser tools jika dibutuhkan. Convert font kamu ke vector sebelum lanjut lagi.

      4. Belajar software tentang font


ilovetypography.com
Pada jaman sekarang, sudah banyak sekali software khusus tentang font, tapi untuk yang masih awam, cukup dengan Fontographer

Kenapa? Karena selain software tersebut software yang sudah terkenal, di situsnya juga full dengan tutorial yang pastinya sangat membantu.

Hopefully, artikel ini dapat menambah wawasan kamu yang ingin mempunyai typeface atau font sendiri. So selamat bekerja and Good Luck!

Jangan lupa share artikel ini sama follow twitter dan facebook kita ya!

Terima kasih sudah membaca!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com