Saturday, February 1, 2020

Aturan - Aturan Dalam Komposisi Untuk Desainer Grafis


Newspaper visual hierarchy
By Canva

Komposisi Merupakan Hal yang Penting


Setiap elemen atau aset yang ada di sebuah desain yang kamu buat, bisa sudah cukup dan bisa jadi sangat bagus. Tetapi, jika komposisinya kurang pas atau berantakan, desain yang kamu buat bisa menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, komposisi menjadi hal yang penting dalam membuat sebuah desain.

Sebentar, komposisi itu sendiri apasih sebenarnya? Simpelnya, komposisi adalah menyatukan atau menyusun berbagai macam elemen atau aset. Seperti font, gambar, elemen grafis dan warna semua menjadi satu kesatuan dalam sebuah desain.

Komposisi yang berhasil berarti teratur, tersusun, terdapat alur dan kecocokan antar elemen atau aset dan bukan hanya untuk terlihat bagus tapi juga supaya berfungsi dan efektif.

Nah sekarang, ini 5 tips untuk membuat komposisi yang tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga supaya memiliki fungsi dan juga lebih efektif.


5 Tips Dasar Komposisi

1.      Temukan dan Pilih Fokus Utama


Fokus kepada hal yang paling utama dan penting. Kunci utama untuk komposisi yang bagus adalah fokus utama yang kuat untuk membantu para audience dengan mudah mendapatkan poin penting dari desain yang dibuat.

Dalam memilih fokus yang utama, patut diingat tujuan utama dalam desain adalah komunikasi. Baik itu komunikasi tentang ide, informasi, perasaan atau sebuah cerita yang intinya adalah fokus utama harus terlihat dengan jelas dan kuat agar efektif.

Ini adalah contoh desain poster dari Shauna Lynn Panczyszyn yang fokus utamanya terletak di foto model laki-laki. Terlebih foto modelnya terletak tepat di tengah dan di kelilingi oleh elemen grafis doodle yang mendukung fokus utama tersebut. Secara tidak langsung kita melihat bahwa poster ini menjelaskan tentang laki-laki tersebut atau apapun yang berhubungan dengan model tersebut.


The World of Foote poster design
By Shauna Lynn Panczyszyn


      2.      Mengarahkan Mata dengan Garis


Sama halnya seperti pada saat kamu ingin memberitahu arah jalan kepada seseorang dengan menunjukan ke arah mana. Dengan membuat dan mem-posisikan garis atau bentuk tertentu kamu bisa mengkontrol flow dari desain kamu dan menunjukan “arah” kepada mata para audience untuk melihat hal yang utama terlebih dulu.

Umumnya penggunaan garis bisa dilihat di flowchart. Flowchart menggunakan garis untuk mengarahkan mata dari satu poin ke poin yang lain. Seperti poin pertama yang membahas fokus, selanjutnya mata audience akan dibawa kemana? Dengan mem-posisikan dan menyesuaikan garis atau bentuk, kamu tidak hanya mengarahkan mata audience ke fokus utama tetapi juga ke seluruh desain yang sudah di buat.

Tentunya tidak semua karya harus dipaksakan dengan garis sebagai elemen utama. Bisa juga menggunakan bentuk atau elemen grafis lain untuk mengarahkan mata para audience.

Berikut ini karya poster desain dari Design By Day yang menggunakan garis yang berbeda warna untuk mengarahkan mata kepada fokus utama (font juga dibuat lebih besar) dan selanjutnya ke informasi yang lain.


Unspooling poster design by Design by Day
By Design By Day


3.      Skala dan Hirarki Visual


Hirarki visual dan skala adalah salah satu dasar yang bisa membuat komposisi dari desain kamu menjadi lebih efektif. Hirarki adalah pengaturan atau susunan untuk memberikan dan memperlihatkan informasi atau sesuatu yang paling penting.

Contohnya seperti font yang dibuat menjadi lebih besar, tebal dan jelas untuk bagian yang paling penting, sementara font yang lain, bisa dibuat menjadi lebih kecil. Hirarki menjadi sangat penting ketika terdapat tipografi.


By canva


Untuk skala atau ukuran, biasanya digunakan untuk membantu mengkomunikasikan hirarki dengan menarik perhatian atau menjauhkan dari elemen – elemen tertentu, sehingga menandakan pentingnya komunikasi.

Sebagai contoh, poster karya Jessica Svendsen yang menggunakan gambar yang besar sebagai elemen utama untuk menarik perhatian dan fokus. Judul poster juga dibuat tebal dan terdapat space putih sebagai ruang untuk semua informasi


beethoven poster design by Jessica Svendsen
By Jessica Svendsen


4.      Keseimbangan Elemen


Balance atau keseimbangan merupakan hal sangat penting tanpa terkecuali. Ada 2 jenis tipe balance atau keseimbangan yang biasa dipakai.

Yang pertama adalah, symmetrical balance. Keseimbangan simetris antar elemen dari keseluruhan desain. Seperti di mirror setiap elemen yang ada dari kiri ke kanan dan atas ke bawah.

Ini salah satu contoh dari karya yang mempunyai keseimbangan simetris. Undangan pernikahan dari Jennifer Wick. Undangan ini menggunakan komposisi yang simetris dan teratur dari font dan elemen grafisnya. Dengan menggunakan keseimbangan simetris, desain bisa lebih terlihat elegan, clean dan sangat teratur.

Symmetrical wedding invitation design by Jennifer Wick
By Jennifer Wick


Selanjutnya adalah asymmetrical balance. Keseimbangan tanpa simetris. Ini adalah contoh dari keseimbangan asimetris. Poster dari Munchy Potato yang terlihat menyebarkan dan menskalakan elemen dengan sengaja.

continui poster design by munchy potato
By Munchy Potato

  

      5.      Gunakan Elemen yang Saling Mendukung


Salah satu kunci sukses dan efektif dari sebuah komposisi adalah harus berhati-hati dan mempunyai maksud dari setiap elemen yang ada untuk mendukung keseluruhan desain.

Umumnya kesalahan yang sering dilakukan adalah komposisi gambar yang tidak saling melengkapi satu sama lain. Jadi, saat menggunakan lebih dari satu gambar, pastikan untuk terlihat efektif dan cocok dengan yang lain. Terdapat beberapa cara:

Menggunakan foto dari photoshoot yang sama, warna atau efek foto yang sama dan pilih foto yang di shot dari beberapa cara berbeda.


Consisten magazine page design by Jekyll and Elena
By Jekyll & Hyde and Elena Bonanomi

5 Hal di atas merupakan dasar atau pondasi untuk membuat komposisi yang menarik dan efektif dalam mengkomunikasikan pesan. Tentunya semuanya terserah kamu dalam membuat sebuah desain yang menarik, indah, keren, berbeda dll. 

Tapi tetap diingat bahwa tujuannya adalah untuk menyampaikan sebuah pesan. 

Jangan lupa follow Fade Design di Twitter dan Facebook.

Terima kasih sudah membaca!

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com