By Rosi Illustration |
10 Tips Instagram untuk Desainer Grafis
Instagram merupakan salah satu aplikasi wajib untuk para desainer. Selain untuk menunjukan portfolio desain kamu, instagram juga bisa digunakan untuk personal branding, bisnis, mencari inspirasi dan hal lainnya.
Nah dengan beberapa tips
ini, kamu bisa membuat profil kamu di instagram menjadi lebih aktif, produktif
dan kreatif. Instagram sudah bukan lagi hanya aplikasi image-sharing, tapi sudah berkembang menjadi sebuah platform kreatif dari berbagai bidang
untuk menunjukan portfolio desain
kamu kepada audience yang jauh lebih
besar.
Mengerti bagaimana cara “menggunakan” instagram dan masuk ke dalam komunitasnya, bisa memberikan pengaruh besar untuk para desainer. Tapi bagaimanapun juga, kalau hanya mengejar “likes” itu tidak berpengaruh apa-apa dalam membangun engagement, terutama saat ini instagram juga sudah mulai mencoba untuk menyembunyikan “likes”
Menumbuhkan engagement di instagram itu memerlukan
kejelian, pemikiran–pemikiran yang menarik dan passion yang harus terus dikembangkan. Nah kali ini kita mau sharing tips dan trik instagram untuk
desainer dari para desainer profesional. Apa saja sih tips dan triknya? Ok
here we go!
1. Tunjukan proses pembuatan desain
Studio
animasi yang bermarkas di London timur, Animade sudah mempunyai 148 ribu followers dan menggunakan instagram
sebagai platform untuk sharing progres karya yang sedang
dikerjakan, serta memberikan insight
tentang karya tersebut.
“Instagram
adalah tempat untuk menunjukan kecintaan kami terhadap karya-karya kami,
berbagi pengetahuan dan menunjukan beberapa eksperimen kami yang aneh,” kata
Amy Egan, Head of Marketing
Posting
beberapa pekerjaan klien dan beberapa projek, serta animasi yang sudah jadi,
Animade sering berbagi proses karya yang sedang berlangsung atau apa pun yang
ada di belakang layar yang menurut tim menarik. Ini termasuk apa yang mereka
sebut “breakdown” menunjukan bagian tertentu dari sebuah animasi.
Daripada
terlalu tergantung dengan jadwal posting, Animade lebih memilih untuk share
ketika mereka merasa tertarik dengan sesuatu dan tetap mencoba untuk posting
secara teratur.
2. Pilih tema dan konsisten
Daripada
melakukan strategi untuk sebuah konten, ilustrator yang berasal dari Bristol,
Rosi Tooth, yang sudah mempunyai 9 ribu followers, merekomendasikan untuk
mengikuti beberapa peraturan yang simpel. Bagi Rosi, konsistensi adalah kunci
utama, khususnya untuk merangkul audience
supaya tetap bertahan.
“Berinteraksi
dan pahami audience kamu, juga secara
konsisten untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan diri kamu dan yang
terpenting buat karya desain yang memang kamu menyukainya” Rosi menjelaskan. “Bagi
saya, akun yang bagus adalah akun yang otentik. Feed yang tidak hanya memiliki style
yang unik tetapi juga menunjukan siapa diri kamu sebenarnya.”
3. Jadikan seolah-olah ruang sendiri
By Timo Kuilder |
Sejak bergabung di instagram tahun 2011, ilustrator yang berasal dari Amsterdam, Timo Kuilder, yang juga sudah mempunyai lebih dari 32 ribu followers, telah membangun pengikut yang stabil untuk karya karakternya yang simpel, palet warna yang sederhana dan garis – garis yang ketat. Timo menyarankan untuk percaya sama insting kamu dan sharing karya desain yang paling kamu nikmati dan sukai.
“Saya
mulai menggunakan Instagram hampir seperti sketchbook
dan mencoba untuk tidak kaku tentang hal itu. Terkadang saya membagikan sebuah
proses atau timelapse juga. Meskipun
saya cenderung melakukan ini dalam cerita daripada di feed.” Menurut Timo.
Timo
tidak terlalu memikirkan jumlah likes
yang didapat, karena menurut dia kuncinya adalah bermain. “Saya berbagi banyak
eksplorasi terhadap style. Ide – ide kecil atau sebuah sketsa. Buatlah seolah –
olah instagram ini sebagai ruang milik anda sendiri, ini adalah galeri desain pribadi
anda dimana tidak ada satupun orang yang memberi tahu anda apa yang harus
dilakukan” Timo menambahkan.
4. Don’t over-curate
Bharoocha
membuat banyak karya desain menggunakan kolase, lukisan mural skala besar,
desain instalasi dan pertunjukan musik. “Saya memposting pada waktu di mana
saya merasa banyak orang yang sedang aktif. Biasanya sekitar istirahat makan
siang, malam hari setelah pulang kerja dan pagi hari saat akhir pekan. Kadang–kadang
saya perlu melakukan posting yang direncanakan untuk pekerjaan dan membiarkan
klien dan agensi saya, Hugo & Marie memutuskan hal-hal itu.”
Hom
menambahkan bahwa konsep mengkurasi feed
instagram bukanlah sesuatu yang harus dikejar. “Strategi saya hanyalah membuat
hal-hal yang saya sukai, yang saya tahu banyak, dan membuat karya desain
disekitar hal-hal yang saya sukai tersebut. Saya tidak mengatakan bahwa feed instagram saya sengaja dikuratori,
itu hanya cerminan dari saya.”
“Beberapa
orang mungkin berhasil dengan feed
instagram yang dikuratori, tetapi saya tidak seperti itu jadi saya tidak
menyarankan” Lanjut Hisham. “Tidak ada cukup banyak orang yang tidak takut
untuk mendapatkan banyak likes. Jika
kamu menyukai desain yang kamu buat dan merasa mempunyai “arti” tertentu dalam
karya desain tersebut, langsung saja posting. Secara pribadi saya sangat bosan
dengan feed yang terlalu banyak style.
5. Eksperimen dengan berbagai aplikasi
By Daisy Emerson |
Bagi desainer yang ingin menciptakan feel atau style tersendiri di dalam instagram feed mereka, coba untuk menggunakan aplikasi image editing untuk membantu menyesuaikan palet warna yang konsisten pada semua desain.
Daisy Emerson, yang sudah memiliki lebih dari 23 ribu followers, “Saya sangat spesifik terhadap karya desain atau
fotografi yang saya posting. Saya menghabiskan waktu untuk mengedit gambar agar
terlihat sesuai dengan karya yang sebelumnya dan selalu membuat desain atau
foto sesuatu dengan cara yang sama.”
Menurut
Emerson, yang merupakan seorang tipografer “Faktor terbesar adalah palet warna.
Saya tidak akan posting karya jika ada warna-warna tertentu yang tidak sesuai
dengan tema saya untuk menunjukan konsistensi,”tambahnya. “Saya menggunakan aplikasi
untuk mengeditnya yaitu A Color Story, yang cukup bagus untuk editing.”
6. Temukan perbedaan diri kamu
By Animadetv |
“Pikirkan apa yang membuat anda berbeda dengan yang lain,” kata Egan. “Sebenarnya ini bukan sesuatu yang memang kita rencanakan, tapi setelah kita perhatikan justru beberapa projek eksperimen aneh kita menarik banyak perhatian, seperti Ricard’s Watering the Plant, dimana karakter yang mengenakan kacamata sedang melihat tanaman di kandang hamster. Itu ditonton lebih dari 2,2 juta kali dan mendapatkan sekitar 500 komentar.
Untuk
Animade, eksperimen animasi dan ilustrasi seringkali menjadi yang paling banyak
mendapatkan perhatian dari audience.
Contoh terbaru yaitu Frida’s Teabag,
yang berhasil ditonton sebanyak 140 ribu kali.
7.
Bangun
komunitas
“Kalau
anda serius untuk membangun audience,
sebaiknya anda meluangkan waktu untuk memulai berkomunikasi dengan para audience,” kata Bharoca. Lakukan
komunikasi dengan orang yang terinspirasi dengan desain kamu dan juga bisa
mendapatkan engagement lebih banyak.
“Saya melakukannya hanya karena saya ingin orang tahu kalau saya suka dengan
sebuah desain bukan hanya sekedar suka” menurut Bharoca.
“Sering
juga seseorang melihat karya desain anda, dan akhirnya memutuskan untuk follow akun anda hanya karena anda
berinteraksi dengan mereka. Saya justru merasa kecewa jika tidak ada interaksi.
Itu tampak egois dan tidak akan menumbuhkan sebuah komunitas.
Yip
setuju. “Saya pikir instagram story
adalah cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan para audience anda. Ini juga memungkinkan anda untuk mengajukan
pertanyaan langsung dan melakukan polling.
Selain itu, ini sangat bagus untuk sharing
karya desain anda atau bagian personal dari diri anda yang tidak ingin
dijadikan feed instagram”
8. Caption jangan terlalu panjang
By Animadetv |
Konten instagram milik Animade menunjukan semangat dan energi dari studionya. “Kami bertujuan untuk terbuka tentang proses karya desain atau animasi kami dengan berbagi eksperiman dan menunjukan bagaimana semua itu dibuat, terkadang dengan sangat detil. Ini tidak hanya untuk mereka yang berada di industri yang sama, tetapi juga untuk audience yang lebih luas dengan menggunakan cara yang menyenangkan dan menarik. Kami membiarkan karya itu berbicara sendiri dan menghindari deskripsi yang terlalu panjang.”
Bharoocha
setuju. “Saya benar-benar benci melihat karya desain yang hanya sedikit,
kecuali ditambah dengan proses pengerjaannya. Kalau anda posting foto atau
desain, posting juga proses nya. Tulis deskripsinya pada caption tapi jangan
seperti novel, karena orang-orang pasti tidak terlalu peduli.”
9. Tambahkan value dari desain kamu
By Homsweethom |
Hom menumbuhkan komunitasnya dengan berbagi saran dan wawasan tentang industri saat ini. Selain itu Hom juga memberikan tantangan setiap minggu untuk memberikan kepada setiap audience untuk berpartisipasi dan menciptakan karya desain dari tema atau topik yang dipilih.
“Ini
adalah salah satu hal yang benar-benar membantu menumbuhkan komunitas saya di
instagram,” kata Hom. “Salah satu hal yang saya perhatikan setelah berbicara dengan
para desainer dan seniman selama beberapa tahun adalah sangat sulit untuk
memulai sesuatu tanpa ada “trigger”. Jadi ini semua dirancang untuk membuat
orang memulai.” Hom mulai mempromosikan ‘Hom-Work’ tiga sampai empat kali dalam
setiap minggu di instagram story. “Saya juga harus menunjukan karya dari para
desainer yang lain kepada audience saya secara luas dan mereka bisa membangun
komunitas dari sini. Jadi kita sama-sama diuntungkan.”
10. Harus seimbang
Mengandalkan
sepenuhnya sosial media untuk mempromosikan karya desain anda bukan tanpa
resiko. Terlepas dari kesuksesannya, Hom tidak setuju bahwa instagram menjadi
sangat penting. “Instagram hanyalah salah satu metode untuk mempromosikan
portfolio dan karya desain kamu. Saya tidak berpikir hanya instagram saja dan
selesai.” Akunya. “Pada akhirnya, portfolio dan desain anda, sudut pandang anda
dan kepribadian anda jauh lebih penting. Instagram ibaratnya adalah hanya
sebuah kendaraan.
Platform
media sosial datang dan pergi, tentu saja. “Saya pikir terlepas dari
platformnya, sebagai desainer atau ilustrator begitu anda mengetahui siapa diri
anda dan apa yang anda sukai, anda akan melakukannya dengan baik di platform
media sosial apa pun.” Hom mencoba menyimpulkan. “Hal terbaik yang dapat anda
lakukan adalah fokus pada pengembangan karya desain anda dan karakter anda.”
Nah itu dia 10 tips dan trik dari para desainer, animator, tipografer profesional untuk memaksimalkan platform instagram sebagai ajang showcase portfolio dan juga menumbuhkan komunitas audience kamu. Semoga bermanfaat!
Kalau kamu punya tips dan trik yang lain, silahkan tulis dikolom komentar ya! Jangan lupa juga untuk follow Twitter dan Facebook kita ya!
S:Creativebloq
Nah itu dia 10 tips dan trik dari para desainer, animator, tipografer profesional untuk memaksimalkan platform instagram sebagai ajang showcase portfolio dan juga menumbuhkan komunitas audience kamu. Semoga bermanfaat!
Kalau kamu punya tips dan trik yang lain, silahkan tulis dikolom komentar ya! Jangan lupa juga untuk follow Twitter dan Facebook kita ya!
S:Creativebloq
Post a Comment