Sunday, March 8, 2015

Pelajaran Hidup Dari Seorang Illustrator Tomy Ungerer


Tomy Ungerer menghabiskan waktu selama lebih dari 60 tahun di dunia ilustrasi.


Seorang illustrator asal Irlandia, Steve Simpson terlihat duduk bersama dan mengobrol dengan iconic artist Tomi Ungerer tentang kehidupan dari sang artist, tumbuh besar dari kemiskinan dan darimana juga bagaimana dia mendapatkan begitu banyak inspirasi.

Diantara cerita dari keluarganya, tumbuh besar saat perang dunia ke 2 dan alasan kenapa bukunya tersebut dilarang di Amerika, Ungerer memberikan beberapa wawasan yang luar biasa di dalam proses kreativnya. Menjadi terkenal dan berhasil mendapatkan penghargaan untuk kedua bukunya dengan tema anak - anak dan ilustrasi erotic dewasanya, illustrator kelahiran Perancis ini berhasil mendapatkan standing ovation. Ini dia beberapa karyanya.

  

1. Teruslah penasaran
"Penasaran merupakan bahan bakar untuk semangat dan kreativitas," kata Ungerer. "Teruslah penasaran." Semakin kamu penasaran, semakin banyak juga informasi yang bisa kamu dapatkan untuk melanjutkan karyamu. Kamu juga tidak akan pernah punya cukup informasi, seringlah bertanya dan selalu mencari jawaban. Dengan itu semua pasti kamu bisa cepat berkembang. 

2. Belajar cara yang berbeda
"Jika kamu hanya menggunakan satu style atau satu cara ilustrasi, kamu tidak menggunakan seluruh potensi yang ada di dalam diri kamu" dia menambahkan. "Saya sendiri tidak pernah berhenti pada satu style, karena saya bisa cepat bosan, jadi saya sering sekali mencari gaya-gaya baru dalam berilustrasi dan mengekspresikan diri saya. Jika kamu secara kontinu terus menantang diri kamu, kamu pasti akan nyaman dan semakin banyak yang bisa kamu dapatkan. Lakukan sesuatu yang kamu takuti. 




3. Be respectful
"Penyebab utama permasalahan didunia ini adalah kurangnya rasa saling menghargai satu sama lain" Ungerer menjelaskan. "Itu adalah salah satu hal yang saya selalu ajarkan kepada anak - anak saya,, hargai apapun itu, mau itu makanan, orang yang lebih tua atau apapun. Jika kamu menunjukan rasa menghargai, kamu juga akan dihargai. Sering sekali banyak orang yang sering melupakan hal simpel ini."

Nah itu dia 3 pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari seorang illustrator yang sangat berpengalaman. 

Mungkin buat kamu yang mau menambahkan pelajaran hidup apa aja yang pernah kamu lalui, silahkan ceritakan di kolom komentar. Jangan lupa follow Fade Design di Twitter,  dan Facebook.

R: Creativebloq.com 

About the Author

Muhammad Fadhilah

Author & Editor

Art and Video Games

Post a Comment

 
Fade Design © 2015 - Designed by Templateism.com